JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Membuat Pestisida dari Biji Duku

Duku merupakan tanaman yang tumbuh didaerah Asia Tenggara bagian Barat, termasuk suku Meliaciae. Yang paling terkenal dari pohon duku adalah buahnya. Buah duku memiliki kulit yang kuning pucat bentuk bulat seperti kelereng dengan rasa manis yang khas

Didalam buah duku terdapat biji yang ukurannya kecil yang jika termakan dan tergigit rasanya pahit, oleh karena itu banyak orang yang mengabaikan biji duku dan langsung menelannya saja. Namun dibalik kepahitan biji duku ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Kandungan duku; dalam setiap 100 gr buah duku setidaknya mengandung protein 1 gram, fosfor 9 mg, karbohidrat 16,1 gr, energy sebanyak 63 kkal, lemak 0,2 gr, kalsium 18 gr, selain itu didalam buah duku juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Kandungan kimia; Tumbuhan ini mengandung Alkaloida, Saponin, Polifenol, Flavonoid. Mampu menolak dan menghambat perkembangan serangga. Sedang OPT sasaran adalah dari jenis Spodoptera Litura dan sejenis ulat pemakan daun lainnya.

Alat dan Bahan; Cobek, Blender, Saringan, Alat penyemprot, 500 gram biji duku, 20 liter air.

Cara pembuatan;

  1. Tumbuk atau Blender 500 gram biji duku hingga halus, kemudian rendam dalam air selama 24 jam.
  2. Saring air hasil rendaman dari biopestisida biji duku dan siap untuk digunakan.
  3. Semprotkan biopestisida ke seluruh bagian tanaman pada pagi atau sore hari.

 

Sumber : https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/membuat-pestisida-dari-biji-duku