JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

GENJER TANAMAN LIAR YANG BERMANFAAT

Genjer (Limnocharisflava) adalah salah satu jenis tumbuhan yang hidup di tanah berair (rawa, empang atau sawah). Tumbuhan ini memiliki daun yang terlapisi oleh lilin dan batang yang  berongga. Tanaman genjer dapat hidup selama satu tahun dan berbunga sepanjang tahun. Budidaya tanaman genjer dapat dilakukan secara vegetative dengan anakan atau secara generative dengan biji. Maka dalam waktu cepat genjer menyebar keseluruh lahan basah dataran rendah dan menengah di Indonesia, terutama di lahan sawah. Bersama dengan tanaman air lainnya, genjer kemudian menjadi gulma bagi tanaman padi sawah. Meskipun dalam waktu cepat menyebar ke areal persawahan, genjer bukan menjadi gulma yang mengancam tanaman padi. Beda dengan eceng gondok, yang kemudian menjadi gulma yang mengancam perairan tropis, dan sampai sekarang sulit untuk diatasi. Genjer tidak terlalu mengganggu tanaman padi di sawah bahkan para petani bisa memanfaatkannya sebagai sayuran yang cukup lezat citarasanya. Genjer kaya akan kandungan energy, protein, lemak, karbohidrat, serat dan mineral. Dalam setiap 100 g genjer mengandung energi 39 kkal, protein 1,7 g, lemak 0,2 gr, karbohidrat 7,7 g, serat 0,95 gr dan mineral antara lain kalsium 62 mg, fosfor 33 mg, zat besi 17.97 mg, kalium 300,46 mg, natrium 3,13 mg, magnesium 2,81 mg, zn 1,28 mg dan tembaga 0,613 mg. Daun dan bunga genjer mengandung juga zat kardenolin, flavonoida dan polifenol.

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan jika mengkonsumsi genjer antara lain sebagai berikut:

  1. Meremajakan sel-sel tubuh. Kandungan protein dalam tanaman genjer berperan dalam membantu memproduksi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi lagi di dalam tubuh.
  2. Sebagai cadangan energy dalam tubuh. Fungsi karbohidrat dan lemak dalam kehidupan kita untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat dan lemak merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energy selain protein.
  3. Memperkuat tulang. Jika pada anak-anak kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang, akan tetapi kalsium untuk orang dewasa berfungsi untuk memperkuat tulang dan mengurangi resiko terkena osteoporosis, serta menghilangkan rasa ngilu pada persendian.
  4. Mencegah kanker colon dan mencegah sembelit. Kanker colon terjadi akibat pola makan yang tidak benar. Genjer mengandung serat yang cukup tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan (mencegah sembelit).
  5. Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Sedangkan kandungan mineral pada genjer sangat penting untuk berfungsinya tubuh kita. Sebagian besar mineral berguna bagi metabolism tubuh, keseimbangan kadar air, dan kesehatan tulang. Selain sebagai tanaman sayuran, genjer juga termasuk tanaman liar yang menghasilkan beberapa zat-zat metabolit sekunder (steroid, fenol hidroquinon, dan benedict) yang dikenal sebagai zat bioaktif dan dapat digunakan untuk mengurangi dampak logam berat. 

Sumber : Pengujian Komponen Bioaktif Genjer (Limocharis flava). Dept. Tek Hasil Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB.  ( https://www.satuharapan.com/).