JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Temu Teknis Inovasi Pertanian Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta, Penyuluh dan Petani Maju (Penyuluh Swadaya Dan Swasta (2018)

Teknologi yang dihasilkan BPTP akan bermanfaat apabila dapat menjangkau dan diterapkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan (khalayak pengguna). Untuk itu, BPTP memerlukan suatu sistem informasi dan komunikasi serta diseminasi yang efektif dan efisien agar khalayak penggunanya dapat memperoleh informasi teknologi yang dibutuhkannya dengan mudah dan relatif cepat. Berdasarkan dari permasalahan yang dihadapi oleh penyuluh saat ini maka perlu diadakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi antara penyuluh dan peneliti BPTP dengan penyuluh pertanian provinsi, perwakilan penyuluh BPP, dan penyuluh swadaya/swasta melalui kegiatan Temu Teknis Inovasi Pertanian.

Tujuan dari kegiatan temu teknis ini untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan penyuluh pertanian terhadap inovasi pertanian; Mengidentifikasi teknologi yang dibutuhkan; Serta mengidentifikasi teknologi yang perlu disempurnakan. Prosedur kegiatan melalui presentasi dan diskusi; praktek/peragaan inovasi materi teknologi di lapangan. Narasumber berasal dari Balai Penelitian, dan BPTP Jakarta. Sebelum dan sesudah Temu Teknis dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan penyuluh pertanian. Parameter yang diamati meliputi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan penyuluh; Teknologi yang dibutuhkan oleh Wilayah, dan Teknologi yang perlu disempurnakan.

Hasil kegiatan temu teknis meliputi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan penyuluh pertanian wilayah pada pelaksanaan: Temu Teknis Teknologi Budidaya Bawang Merah sebesar 96,87%; Temu Teknis Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Tanaman Obat sebesar 68,18%; Temu Teknis Olahan Daging Kelinci sebesar 70,0%; Temu Teknis Pengolahan Buah-buahan sebesar 82,61%. Telah teridentifikasinya teknologi yang dibutuhkan oleh wilayah kota dan teknologi yang perlu disempurnakan