JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Bawang merah kini tak lagi identik dengan Brebes, karena di Jakarta pun telah ada hamparan tanaman bawang merah. Salah satu hamparan bawang merah seluas kurang lebih 1 ha, berada di Lanud Halim Perdana Kusuma. Dan pagi ini, Rabu (09/06/2021), pemandangan Lanud Halim Perdana Kusuma tidak hanya didominasi oleh pesawat udara ataupun helikopter, akan tetapi lebih berwarna dengan adanya umbi-umbi bawang merah menyembul dari tanah yang siap untuk dipanen. 
 
Panen kali ini merupakan buah kolaborasi kegiatan urban farming antara Kementan dan Pemda DKI Jakarta. Peran BPTP Jakarta dalam kegiatan ini sebagai pendamping teknologi budidaya bawang merah di lahan kering. Berdasarkan hasil ubinan, tercatat hasil panen bawang merah Super Philips mencapai 17,5 ton umbi basah per hektar. 
 
Dalam sambutannya, Komandan Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Marsekal Bambang Gunarto, ST, MM, M.Sc, menyampaikan bahwa TNI AU selalu siap berkontribusi untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Kawasan Lanud Halim Perdana Kusuma masih mempunyai lahan tidur tidak produktif yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian. 
 
Kegiatan panen bawang merah kali ini dihadiri oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ir. Tommy Nugraha, MM. yang mengapresiasi dan mendukung kegiatan pertanian yang dikembangkan di kawasan Lanud Halim Perdana Kusuma. Hadir pula Kepala Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Provinsi DKI Jakarta, Kasudin KPKP Jakarta Timur, serta Kepala BPTP Jakarta yang diwakili oleh Kasie KSPP. Tanaman bawang merah cocok dikembangkan di dataran rendah seperti Jakarta ini. Yuk, kita coba sendiri tanam bawang merah di rumah...