JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta, (7/06/2021), Seleksi tanaman biasa dilakukan pada lahan penangkaran benih padi, seleksi tanaman dilakukan oleh petani penangkar sebelum dilakukan pemeriksaan oleh petugas pengawas benih, Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSB). Adapun tujuan dari roguing  adalah untuk mempertahankan kemurnian dan mutu genetik suatu varietas.
 
Seleksi tanaman fase vegetative atau roguing pertama telah dilaksanakan oleh Tim BPTP Jakarta bersama Sudin KPKP Jakarta Barat di Kelompok Tani Jawa Indah Semanan Jakarta Barat. Adapun jenis verietas yang diseleksi adalah varietas Inpari 32.
 
Seleksi tanaman atau roguing, minimum dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu pada fase vegetatif, fase berbunga dan fase masak. Rouging pertama pada fase vegetative dilakukan pada saat tanaman sudah berusia 35 - 45 HST. Apabila tidak lulus seleksi pemeriksaan ulang dapat dilakukan dengan ketentuan vase vegetative belum berakhir.
 
Pada fase vegetatif karakter tanaman yang di perhatikan pada saat roguing antara lain, warna pelepah, sudut daun, tipe rumpun, dan warna kaki ( pelepah bagian bawah). Pada saat pelaksanaan roguing di kelompok tani Jawa Indah di dapati 5 campuran varietas lain, yang ternyata berasal dari tanaman terdahulu yang tumbuh bersama. Ketidaksesuaian varietas dilihat dari rumpun dan warna daun yang berbeda, serta sudah mulai keluarnya malai pada tanaman. 
 
Pendampingan dan bimbingan teknik roguing diharapkan dapat membantu petani memahami bahwa untuk menghasilkan benih unggul diperlukan pembelajaran, pelatihan dan pengorbanan baik waktu, pikiran dan tenaga. Semoga kelompok Tani Jawa Indah dapat menjadi pelopor dalam memproduksi benih padi yang berkualitas di DKI Jakarta.