JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, (27/05/2021) -- Penantianpun berakhir dengan senyum bahagia, diantara riuh rendahnya suara rekan-rekan saat melaksanakan Ubinan Padi Sawah Varietas Ciherang di Kelompok Tani Hizbul Wathon yang diketuai Bapak Carman. Berlokasi di Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, ada senyum petani melihat padinya menguning. Tak sia-sia berusaha dari mulai olah tanah, membuat persemaian, semai, tanam dan memelihara hingga panen, akhirnya terbalaskan dengan hasil produksi padi yang memuaskan.

Selain anggota Kelompok Tani Hizbul Wathon, pelaksanaan ubinan juga dihadiri oleh Sudin KPKP Jakarta Barat, Tim BPTP Jakarta, BPS Wilayah Jakarta Barat, Pusbang Benih DKPKP DKI Jakarta, serta Penyuluh BPP Kembangan.  Kehadiran Tim menambah suasana keakraban dan kebahagiaan, sekaligus menjadi ajang silaturahmi seusai Idul Fitri.

Kasie Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Jakarta Barat, Sri Riana Hanim, dalam sambutannya tetap memotivasi para pejuang pangan untuk tidak berkecil hati karena lahannya tidak seluas di daerah lain.  BPTP Jakarta juga akan tetap mendukung keberlangsungan pertanaman padi sawah di Jakarta, salah satunya dengan mendampingi perbenihan padi. Pendampingan yang diberikan bertujuan untuk tercapainya mandiri benih padi di Jakarta.

Ada tiga titik yang diambil untuk pelaksanaan ubinan dengan luas masing-masing 2,5 x 2,5 m2, dan diperoleh hasil timbangan basah rata-rata sebanyak 5,12 kg. Dari perhitungan tiga titik ubinan tersebut, hasil perkiraan produksi yang dicapai yaitu 8,18 ton/ha GKP. 

Panen mungkin berakhir, namun perjuangan tidak hanya sampai disini dan akan terus berlanjut. Tanaman padi harus terus tumbuh, beras harus tetap tersedia. Tidak ada kerawanan pangan selalu menjadi target para pejuang pangan. Subur sawahku, sejahtera keluargaku.