JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta Utara, (27/5/2021) -- Mendukung Kolaborasi Hilirisasi Inovasi Teknologi Balitbangtan antara BPTP Jakarta dengan Komando Kawasan Terpaut Pemuda Tani Indonesia (KKT-PTI), Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Inovasi Tanaman Pangan dan Hortikultura: Teknologi Hidroponik dan Pembuatan Kompos. Kegiatan bimtek dilaksanakan di Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara.  

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, M.Sc. Pada kesempatan ini, Kepala BBP2TP mengapresiasi kegiatan kolaborasi antara  BTPP Jakarta dan KKT-PTI yang memanfaatkan lahan tidur di Kalijodo, Jakarta Utara seluas 1.8 Ha untuk mengembangkan pertanian perkotaan terintegrasi. Selain mendukung ketahanan pangan perkotaan, kegiatan ini juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan merupakan bentuk konservasi lahan tidur. Dengan pengembangan lebih lanjut, kegiatan pertanian perkotaan terintegrasi ini nantinya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi petani milenial dan kawasan agroeduwisata. Beliau, mengarahkan agar kegiatan pertanian perkotaan di Kalijodo ini dikembangkan ke arah pertanian organik. Bersama dengan petani milenial DKI Jakarta, BBP2TP siap mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern .
 
M. Ramdhani (Koordinator Penyuluh Jakarta Utara) mewakili Kasudin KPKP Jakarta Utara, mengucapkan terima kasih atas dukungan BBP2TP, BPTP Jakarta dan KTT-PTI  dalam membangun dan mengembangkan pertanian perkotaan di dan Jakarta Utara. Sudin KPKP Jakarta Utara siap bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan di Kalijodo ini.
 
Koordinator Nasional KKT – PTI, Jamaludin (Daeng Jamal), menyampaikan terima kasih kepada BBP2TP dan BPTP Jakarta yang sudah memberikan kesempatan kepada petani milenial yang tergabung dalam KKT-PTI  untuk mengikuti Bimtek Inovasi Tanaman Pangan dan Hortikultura. Setelah Bimtek perdana yang diinisiasi oleh BPTP Jakarta, Daeng Jamal berharap BBP2TP melalui BPTP dapat terus bersinergi dengan KKT-PTI di seluruh daerah di Indonesia untuk mensukseskan program swasembada pangan dan peningkatan kapasitas sumberdaya petani milenial Indonesia.
 
Dr. Nurhayati, SP., M.Si selaku Kepala BPTP Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Perkotaan Terintegrasi di Kalijodo ini diharapkan dapat menjadi  percontohan pertanian terintegrasi 4.0.
 
30 orang petani milenial yang tergabung dalam KKT-PTI  dengan antusias mengikuti materi Bimtek budidaya hidroponik di perkotaan yang disampaikan oleh Nofi Anisatun Rochmah. SP, M.Si, dan Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga untuk Pertanian oleh Lukman Hakim, S.Si, M.Sc.