JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta --  (19/5/2021), Tim Monev Beraksi kembali melanjutkan perjalanan, kali ini ke sisi Selatan Jakarta. Yup, Kebun Berseri Bintaro – Jakarta Selatan. Lahan pertanian produktif yang terletak di tengah perumahan elit Bintaro ini merupakan hasil menyulap semak belukar pada lahan fasum. Kangkung, sawi, terong, cabai, jagung, kacang tanah, dan singkong kerap dipanen dari lahan seluas 10.000 m2.
 
BPTP Jakarta di tahun 2021 ini, masih menjalankan kegiatan Pendampingan Komoditas Utama Kementerian Pertanian dengan padi, cabai dan bawang merah sebagai komoditas yang diusung. Kebun Berseri Bintaro menjadi salah satu lokasi demplot untuk komoditas cabai dan bawang merah. Komponen teknologi Badan Litbang Pertanian yang diperkenalkan melalui demplot ini diantaranya benih cabai varietas Prima Agrihorti, bawang merah varietas Bima, penggunaan tanaman repellent, dan pestisida nabati bioprotector.
 
Kendala yang kerap dihadapi pada budi daya cabai adalah serangan hama dan penyakit. Serangan lalat buah, kutu kebul, tungau bahkan burung mengakibatkan panen tidak sesuai harapan. Cerita lain pada komoditas bawang merah, varietas Bima yang diintroduksikan ditanam perdana pada 17 Mei 2021. Pendampingan intensif dilakukan lewat komunikasi melalui whatsapp.
Lokasi strategis, pangsa pasar dekat, penataan kebun yang ciamik dengan dukungan tanaman langka, menjadikan kebun ini tidak hanya menghasilkan nilai ekonomi tapi juga edukasi dan estetika.