JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Selasa (18/05/2021), masih dengan Monev Beraksi yang memasuki tahapan Monev On Going, kali ini adalah kunjungan lapang Tim Monev BPTP Jakarta yang didampingi pihak Sudin KPKP Jakarta Barat ke hamparan sawah di Kelompok Tani Jawa Indah, Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Kelompok Tani Jawa Indah beranggotakan sepuluh orang yang aktif mengolah lahan sawah seluas 17 ha. Namun demikian, salah satu kendala yang kerap ditemui di musim hujan adalah genangan banjir di beberapa petak sawah, sehingga hanya sekitar 14 ha lahan yang aktif ditanami sepanjang tahun.
 
Kendala spesifik lain yang ditemui petani padi Jakarta adalah ketersediaan benih padi, yang kerap harus diperoleh dari luar wilayah Jakarta. Beranjak dari permasalahan tersebut, Tim BPTP Jakarta melalui kegiatan Pendampingan komoditas utama Kementan, menggelar Bimtek tentang perbenihan padi pada bulan lalu. Ilmu perbenihan padi yang diperoleh dari kegiatan Bimtek sudah diaplikasikan oleh petani di lapangan dengan pendampingan Tim BPTP Jakarta secara intensif. Hal ini terpotret dari terhamparnya tanaman padi yang hampir berumur satu bulan.
 
Berbagai varietas unggul padi sudah didiseminasikan dan petani sudah mampu menilai varietas yang sesuai untuk wilayah Jakarta pada tiap musimnya. Meski demikian, saat musim tanam tiba, varietas benih yang tersedia menjadi faktor penentu varietas padi yang ditanam petani. Melalui kegiatan Pendampingan komoditas utama Kementan yang dilaksanakan BPTP Jakarta, diharapkan petani dapat menghasilkan benih padi sesuai dengan varietas padi pilihan petani, dan memutus ketergantungan benih padi dari luar wilayah Jakarta.