JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Jakarta -- Masih hangat suasana lebaran, Tim Monev BPTP Jakarta sudah mulai beraksi melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan di lapangan pada Selasa (18/05/2021), salah satunya yaitu Monev kegiatan pendampingan Sikomandan di DKI Jakarta. Menilik kesesuaian pelaksanaan kegiatan di lapangan dengan perencanaan, menjadi salah satu tujuannya. Penggalian kendala yang ditemui di lapangan maupun potensi yang mampu mendukung keberhasilan kegiatan juga tak luput dari sasaran Evaluator.
 
Potret menarik dari keberadaan peternakan sapi perah di DKI Jakarta adalah letaknya di antara pemukiman syarat penduduk serta gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Kegiatan beternak sapi perah di Jakarta umumnya merupakan usaha warisan turun temurun. Bahkan sudah beberapa tahun terakhir, usaha penggemukan sapi untuk Idul Adha juga banyak dilakoni peternak disamping usaha tetap budi daya sapi perah. 
 
Salah satu peternakan sapi yang dikunjungi adalah peternakan milik Pak Yudi yang berlokasi di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Pada lahan pemukiman tanpa ladang hijauan, hingga 50 ekor sapi masih dapat berkembang dengan baik. Hijauan umumnya didapatkan dari berbagai wilayah, baik Jakarta maupun daerah sekitar penyangga Jakarta. Dukungan pakan terbesar didapatkan dari limbah samping industri tahu yang juga dimiliki peternak. Sehingga pola integrasi ternak sapi perah dan industri tahu di wilayah perkotaan menjadi salah satu kunci keberlanjutan peternakan sapi di perkotaan.