JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Hampir sebulan melakukan praktek lapangan, dua orang mahasiswi program studi Biologi Universitas Negeri Jakarta, Nathania dan Fani Setyaningsih telah memanfaatkan bunga telang yang tumbuh subur di halaman BPTP Jakarta untuk dijadikan Blue Tea. Selama praktek lapangan, keduanya dibimbing oleh peneliti pascapanen yaitu Muflihani Yanis, S. Pt, M.Si dan Budiyantoro, S.TP, M.Sc.

Bunga Telang (Clitoria ternatea) memiliki manfaat fungsional bagi tubuh. Diantaranya dapat berfungsi sebagai antioksidan karena adanya kandungan senyawa bioaktif yakni antosianin. Saat ini, Bunga telang sudah banyak dimanfaatkan untuk dijadikan minuman maupun panganan lainnya. Blue tea merupakan teh yang didapatkan dari hasil seduhan bunga telang, karena seduhannya berwarna biru hingga keunguan. Blue tea biasanya dibuat dari bunga telang yang sudah dikeringkan.

Kedua mahasiswi melakukan kajian sederhana mengenai pre treatment terhadap bunga telang sebelum dikeringkan. Pre treatment yang dilakukan berupa perendaman bunga telang pada larutan Nacl dan Natrium Metabisulfit. Dari pre treatment ini diharapkan dapat meningkatkan karakteristik fisik maupun kimia dari bunga telang kering serta seduhan teh yang dihasilkan. Hasil magang keduanya telah diseminarkan dan di evaluasi. Diharapkan ilmu, pengalaman dan bimbingan selama magang di BPTP Jakarta dapat meningkatkan kompetensi para mahasiswa kedepannya.