JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta --  Dalam rangka meningkatkan pengetahuan anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) tentang budidaya urban farmin, Pengurus DWP Pusat mengadakan Webinar yang bertema “Berkebun di Era New Normal untuk Ketahanan Pangan Keluarga”. Webinar dilaksanakan secara daring pada Kamis, 15 April 2021 di Gedung A Kementan. Panitia Kegiatan ini adalah Pengurus DWP Kementerian Pertanian, dan memberikan mandat kepada BPTP Jakarta sebagai salah satu Narasumbernya. Webinar dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia yaitu Ibu Umi K. Ali Jamil (Badan Karantina Pertanian), dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Ibu Erni Guntarti Tjahyo Kumolo (KemenpanRB) sebagai Ketua DWP Instansi Pemerintah Pusat. Ibu Erni berpesan tentang pentingnya kegiatan urban farming untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Sehingga diharapkan, peserta mampu menyerap ilmu dan informasi yang diberikan oleh para Narasumber. Kementan melalui Ditjen Hortikultura melakukan penyerahan secara simbolis tanaman buah kepada Ketua DWP yang diwakili oleh Ketua DWP Kementan.

Keynote Speaker pada webinar ini adalah Bapak Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng., Kepala BKP Kementan yang sekaligus menjadi salah satu Narasumber. Pada kesempatan tersebut Bapak Agung menjelaskan tentang program P2L yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian, dan langkah-langkah strategis BKP dalam upaya meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak. Nara sumber lainnya adalah Dr. Indarti Puji Lestari, SP, M.Si. dari BPTP Jakarta yang menyampaikan tema “Microgreens: Si kecil Alternatif
Pangan Kaya Manfaat” dan Eva Lasti Apriyani mempresentasikan Edible Flower sebagai Pengganti Pangan dan Hiasan Hidangan serta Pekarangan Pangan Lestari oleh Dr. Afra D.N. Makalew, M.Sc

Peserta webinar adalah anggota DWP yang berasal dari Instansi Pemerintah yang terdiri dari DWP di Kementrian, Provinsi, Kabupaten dan Kota yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Akun zoom yang tergabung dalam webinar ini mencapai 520 akun, dengan satu akun zoom bisa terdiri dari satu sampai lima orang anggota DWP. Diharapkan dari kegiatan webinar ini, anggota DWP mampu mengaplikasikan ilmu dan informasi dari para Nara Sumber dalam berkebun tanaman untuk ketahanan pangan keluarga.

Pada acara baik tersebut, Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Jakarta mendapatkan kesempatan untuk mendiseminasikan sayuran hasil panen teknologi hidroponik dan pohon cabai yang siap berbuah lebat kepada peserta yang hadir.