JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Memiliki lahan terbatas di perkotaan bukanlah halangan untuk melakukan budidaya tanaman. Lukman Hakim, S.Si, M.Sc, Narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021 di ruang pertemuan FKPPI Jakarta Pusat memaparkan tentang 5 (lima) strategi budidaya tanaman sayuran yang bisa diaplikasikan pada lahan terbatas, namun tetap dapat menghasilkan sayuran sehat yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Lima strategi tersebut adalah Budidaya Tanaman secara vertical, Square foot garden, Hidroponik, Pengomposan dan Pengendalian OPT.
 
Pada kesempatan tersebut juga disampaikan cara memanfaatkan barang-barang tidak terpakai seperti gelas atau botol minuman, kain kasa pembungkus tahu dan lain-lain untuk berbudidaya tanaman, selain itu dijelaskan juga cara mengolah limbah rumah tangga menjadi kompos yang digunakan sebagai bahan tambahan media tanaman dengan bantuan cacing dan magot Black Soldier Fly.
 
Kegiatan Bimtek Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Padat Karya di DKI Jakarta, dibuka oleh Ibu Dyah Pitaloka sebagai Koordinator KSPP BPTP Jakarta. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tupoksi BPTP Jakarta adalah mendiseminasikan teknologi hasil pengkajian BPTP Jakarta dan kegiatan bimtek ini merupakan salah satu cara diseminasi teknologi yang bertujuan agar teknologi yang dihasilkan BPTP Jakarta dapat diadopsi oleh masyarakat.
Kegiatan Bimtek ini ditutup dengan praktek dan peragaan pembuatan media, pembuatan OPT Organik dan hdroponik statis.