JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Mendukung program Padat Karya Kementerian Pertanian, BPTP Jakarta menyelenggarakan Bimtek Teknologi Pertanian Perkotaan (Hidroponik). Peserta berasal dari Kelompok Organisasi Masyarakat dari berbagai wilayah di DKI Jakarta sebanyak 40 orang. Bimtek bertempat di Ruang Rapat Lt. 2 BPTP Jakarta pada Kamis, 8 April 2021.

Acara bimtek dibuka oleh Koordinator KSPP, Dra. Dyah Pitaloka M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa BPTP Jakarta sebagai unit Kerja Balitbangtan, Kementan bertugas untuk menghasilkan teknologi bidang pertanian serta untuk meyebarluaskan kepada masyarakat. Teknologi Pertanian yang dihasilkan spesifik untuk mendukung Pertanian Perkotaan. Bimtek kali ini bertema tentang berbudidaya secara Hidroponik yang identik dengan pertanian perkotaan. Dengan adanya bimtek ini peserta diharapkan dapat mulai berlatih berbudidaya dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan.

Narasumber adalah peneliti kelji budidaya, Susi Sutardi. SP. Disampaikan prinsip dasar berbudiaya tanaman diantaranya pemenuhan benih/bibit, media tanam, air, oksigen, pH, nutrisi tanaman pupuk dan sinar matahari. Selain itu peserta diajarkan berbagai jenis sistem hidroponik, persiapan yang diperlukan seperti alat dan bahan serta nutrisi AB mix. Berbudidaya dengan lahan terbatas selain dengan hidroponik juga dapat menggunakan pot, vertikultur, wall garden, aquaponik dan wolkaponik. Semua teknologi-teknologi tersebut sudah dilakukan oleh BPTP Jakarta. Di sesi akhir peserta mendapatkan praktek berbudidaya yang dipandu oleh Ir. Yogawati dan Yosep Padillah.