JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Masih dalam rangkaian safari Bimtek kegiatan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), untuk kali kedua, BPTP Jakarta menyelenggarakan Bimtek “Pengolahan dan Pengemasan Hasil Pertanian”. Peserta Bimtek sebanyak 40 orang terdiri dari Pemuda Tani Milenial dan Kelompok Organisasi Masyarakat dari Wilayah Jakarta Timur. Bimtek bertempat di Ruang Rapat Lt. 4 Sekretariat Balitbangtan. 

 Sambutan dan Arahan dari Kepala Balai BPTP Jakarta, yang di wakili oleh koordinator KSPP,  Dra. Dyah Pitaloka, M.Si. Beliau menyampaikan BPTP Jakarta sebagai unit dari Badan Litbang Kementerian Pertanian  bertugas untuk mendiseminasikan hasil teknologi  dan khusus di DKI Jakarta lebih spesifik mendukung Pertanian Perkotaan. Program KRPL telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian sejak tahun 2011 dimana bertujuan agar masyarakat dapat berbudidaya di pekarangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. 
 
Narasumber kali ini  merupakan peneliti kelji Pascapanen yaitu Muflihani Yanis, S.Pt, M.Si yang menyampaikan tentang “Pengolahan Hasil Pekarangan” dan Budiyantoro, S. TP, M.Sc menyampaikan tentang “Pengemasan Hasil Pertanian”. Salah kunci dari kegiatan KRPL adalah diversifikasi hasil pertanian dimana dengan cara mengolah menjadi bentuk yang lebih beragam, menarik meningkatkan mutu, bernilai gizi serta bernilai tambah sehingga dapat meningkatka pendapatan masyarakat masyarakat. Tujuan pengemasan diantaranya untuk mempertahankuan mutu, memperpanjang masa simpan, yang paling penting adalah untuk menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk kita. Di sesi akhir dipraktekkan pembuatan olahan berbahan baku sayuran yaitu smoothies pakcoy dan smoothies kelor.