JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Smell is money itulah yang disampaikan oleh Narasumber dari BPTP Jakarta, Lukman Hakim, S.Si, M.Sc saat pemaparan materi tentang “Teknologi Pengolahan Limbah Organik”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa sampah rumah tangga dan sampah organic lainnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan kompos dengan bantuan cacing atau magot dari BSF (Black Soldier Fly). Kascing dan kasgot tersebut merupakan media tanam yang sangat baik untuk berbagai jenis tanaman. Magot juga sangat baik digunakan sebagai campuran pakan ikan dan ternak, karena memiliki kandungan proten yang tinggi. Hal inilah yang membuat usaha dibidang ini dapat dijadikan sebagai alternatif usaha yang menjanjikan.

Budidaya di perkotaan dengan memanfaatkan lahan pekarangan bukanlah tidak mungkin, hal ini disampaikan oleh Nofi Anisatun Rahmah, SP, M.Si sebagai Narasumber kedua saat penyampaian materi yang berjudul “Strategi Budidaya Tanaman di Perkotaan”. Selanjutnya Narasumber menyampaikan berbagai strategi budidaya agar dapat memperoleh hasil panen yang baik, mulai dari budidaya secara konvensional hingga hidroponik dan pengendalian hama dan penyakit tanaman secara organic.

Materi tersebut di atas disampaikan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) pada tanggal 5 April 2021, bertempat di Wilayah RW 06 Kelurahan Pondok Labu Jakarta Selatan dan dihadiri oleh 47 peserta yang berasal dari kelompok oganisasi masyarakat dan masyarakat sekitar. Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Padat Karya di DKI Jakarta. Bimtek dibuka oleh Dyah Phytaloka, sebagai Koordinator KSPP BPTP Jakarta, dalam sambutannya disampaikan bahwa salah satu tupoksi BPTP Jakarta adalah mendiseminasikan teknologi yang dihasilkan oleh BPTP Jakarta. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan Bimtek seperti saat ini, dengan demikian diharapkan teknologi dapat cepat sampai ke masyarakat sehingga dapat diadopsi oleh stake holder. Untuk melengkapi kegiatan Bimtek ini, maka pada sesi terakhir dilaksanakan peragaan pembuatan media, pembuatan OPT Organik dan hdroponik statis. Peserta sangat anstusias dengan kegiatan ini dibuktikan dengan peran aktif peserta selama kegiatan berlangsung