JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Pakan Aditif Ternak Sapi dalam rangka Pendampingan SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) DKI Jakarta 2021 untuk para peternak sapi serta petugas lapangan di dua wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Pada hari Rabu (31/03/2021), bertempat di Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak (Pusyankeswannak) Jakarta Timur, Bimtek pertama tentang Pakan Aditif untuk mendukung program padat karya diselenggarakan oleh BPTP Jakarta. Dihadiri oleh PLT Kepala DKPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati; Kasudin KPKP Jakarta Timur, Yuli Absari; Kepala Pusyankeswannak, Renova Ida Siahaan; Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPKP DKI Jakarta, Rismiati; dan Kasatlak Peternakan Kecamatan Cipayung, Risa Maurina. Sedangkan Bimtek kedua dengan topik yang sama dilaksanakan pada hari Kamis (01/04/2021), bertempat di BPP Ragunan Jakarta Selatan yang dihadiri oleh Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Bapak Hasudungan A. Sidabalok; Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPKP DKI Jakarta, Jojor Marina Sadibalok; serta Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Selatan, Kusniati Odilia.

Dalam sambutannya di dua wilayah, Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati menyampaikan bahwa ada 2 hal penting dalam penyampaian materi bimbingan teknis. Pertama Teknologi itu sendiri yaitu pakan aditif, serta bagaimana penerapan teknologi tersebut. Selain pakan aditif juga disampaikan informasi aplikasi Teknologi Android Kesehatan Sapi (TAKESI) yang dikembangkan oleh Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet). Dalam materi yang disampaikan oleh Ir. Syamsu Bahar, M.Si sebagai narasumber, perlunya pakan aditif yang mendukung Kesehatan pedet seperti Bioplus pedet yang bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan pedet pada periode adaptasi pengenalan pakan hijauan. Sedangkan pakan aditif lain yang diperlukan sapi untuk menunjang sistem reproduksinya adalah Minoxvit yang mengandung antioksidan alami, vitamin dan mineral yang diperlukan sapi dalam kadar berimbang. Diharapkan materi yang disampaikan dapat diimplementasikan oleh para peternak untuk mendukung pengembangan peternakan sapi yang berkesinambungan di DKI Jakarta.