JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta Barat -– Antusiasme petani padi sawah di wilayah Jakarta Barat sangat tinggi dikarenakan keinginan petani untuk mandiri benih tergolong tinggi. Petani tidak ingin hanya bergantung dari pemberian bantuan benih dari pemerintah. Hal ini terlihat pada diskusi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengenalan Teknologi Perbenihan Padi Sawah pada Kamis, 18 Maret 2021 di Ruang Pertemuan Sentra Flona Semanan, Jakarta Barat. Kegiatan Bimtek ini merupakan dukungan BPTP Jakarta dalam program padat karya pertanian bagi petani padi sawah di Jakarta Barat.

Bimtek dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari petani dari kelompok tani Jawa Indah, Karya Tani dan Hizbul Wathon, PPL, petugas POPT, dan pengawas benih yang berasal dari daerah di wilayah Jakarta Barat. Bimtek diawali dengan sambutan dari Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto yang dalam sambutannya berharap teknologi dan VUB padi dapat dikembangkan oleh petani agar peningkatan produksi dan pendapatan petani bisa terwujud.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati, S.P., M.Si. “Kami bersyukur masih ada petani yang bersemangat untuk bertanam padi di Jakarta” Ujar Nurhayati. Melalui Bimtek kali ini, diharapkan petani padi harus bisa mandiri benih padi sendiri di wilayahnya. BPTP Jakarta bersama-sama dengan Sudin KPKP Jakarta Barat siap mendampingi petani padi di wilayah Jakarta Barat.

Narasumber pada Bimtek kali ini menghadirkan Dr. Heni Safitri, SP, MSi, Peneliti Pemulia Padi yang bertugas di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Narasumber menyampaikan tentang informasi perbenihan padi, permasalahan mengenai perbenihan serta teknik-teknik produksi benih. Selain itu dijelaskan juga pemanfaatan bioprotector dan agrimeth pada budidaya padi.

Selain ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh Narasumber, setiap perserta juga mendapatkan paket saprodi yang berisi benih VUB Inpari 32 kelas SS sebanyak 5 kg produk BB Padi, Bioprotector produk Balitro, dan Agrimeth produk Balittanah. Mandiri benih padi sawah di Jakarta, pasti bisa !!!