JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Tanaman buah yang unggul berbuah dalam pot dapat di perbanyak melalui perbanyakan vegetatif melalui pencangkokan. Selain cangkok perbanyakan vegetatif dapat juga melalui stek, okulasi dan sambung pucuk, semua punya kelemahan dan kelebihan masing masing. Pencangkokan dilakukan bila tanaman sudah beberapakali berbuah atau setidaknya sudah banyak cabang yang siap untuk di cangkok, biasanya cabang cabang yang telah berbuah yang di cangkok agar saat di tanam Kembali, tanaman cepat berbuah.

Mencangkok sudah sering dilakukan oleh pendahulu kita para penghobiis tanaman buah bahkan di pedesaan para petani juga sering melakukan pencangkokan tanaman buah-nya untuk di perbanyak. Mencangkok adalah seni dalam proses perbanyakan, mencangkok sangat mudah yang sulit itu karena memang tidak ada kemauan, Media cangkok pun sederhana dapat menggunakan tanah, sekam ataupun sabut kelapa, begitu pula peralatannya tidak punya pisau okulasi dapat menggunakan silet atai cutter untuk mengelupas kulit tanamannya. Pembungkus dapat menggunakan plastic atau bisa yang lainnya.

Setelah bahan dan alat tersdia barulah kita pilih tanaman yang akan di cangkok, pemilihan tanaman ini penting untuk campuran media cangkok, begitu pula batang yang di cangkok benar benar di pilih yang nantinya akan berproduksi baik. Cabang yang dipilih tidak terlalu tua ataupun terlalu muda, warna batang sudah kecoklatan. Setelah terpilih kita kerat batang yang akan di cangkok tidak perlu lebar untuk mengelupasnya cukup satu sentimeter, lalu biarkan agar kambiumnya mengering. Setelah dirasa cukup kering luka dibalut dengan media yang telah di persiapkan, lalu di ikat agar tidak bergerak menghindari putus pada akar baru. Perawatan dapat dilakukan dengan memeriksa media biasanya bila terlalu kering akan banyak semut bersarang, perlu penyiraman bila mencangkok di musim kemarau.

Cangkokan dah dapat di pindah tanam ke polybag atau pot setelah terlihat akar yang keluar atau sekitar 1-1,5 bulan. Prunning semua daun sisakan beberapa daung tanam dan simpan di tempat teduh. Perbanyakan melalui cangkokan biasanya jarang gagal di banding melalui perbanyakan yang lain, tidak perlu khawatir gagal, sebelum mencoba.