JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Kegiatan Pendampingan dan Pengembangan Komoditas Utama Kementan masih akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Latar belakang pelaksanaan kegiatan diantaranya adalah permintaan dan konsumsi pangan yang terus meningkat setiap tahun dan harga pangan yang fluktuatif terutama untuk komoditas cabai rawit dan bawang merah. Adapun peran BPTP Jakarta yaitu mendampingi dan mengawal inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian pada komoditas utama Kementan di DKI Jakarta sehingga dapat optimal, kontinu, dan konsisten untuk terus berproduksi.

Rencana kerja kegiatan ini disampaikan oleh peneliti Kelji Budidaya yaitu Nofi Anisatun SP, M.Si pada Seminar Rencana Kegiatan T.A 2021. Komoditas utama yang akan dilakukan pendampingan tahun ini adalah padi, cabai rawit serta bawang merah. Wujud pendampingan berupa show window, menyediakan informasi teknologi, melaksanakan pelatihan dan menyediakan bibit unggul. Untuk pendampingan padi direncanakan show window berupa teknologi budidaya padi di perkotaan dan teknologi perbenihan padi. Penyediaan bibit unggul diantara padi varietas Inpari Nutri Zinc dan Inpari 33.

Pendampingan bawang merah berupa teknologi bawang merah dataran rendah berbasis ruang serta teknologi pengendalian OPT. Varietas bawang yang akan ditanam diantaranya Bima, Sembrani dan Trisula. Show window pendampingan cabai rawit meliputi teknologi budidaya cabai dataran rendah berbasis ruang serta teknologi pengendalian hama terpadu. Varietas cabai rawit yang akan ditanam yaitu Rabbani dan Primahorti. Selamat Bekerja BPTP Jakarta.