JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah Pendampingan Upsus SIKOMANDAN. Kegiatan ini dicanangkan sejak bulan Oktober tahun 2016 berdasarkan Permentan No. 48/PK 210/10/2016 dengan nama awal UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) kemudian pada bulan Januari 2020 berubah nama menjadi SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri). Dimana mandat kegiatan ini adalah optimalisasi potensi sapi dan kerbau betina dalam menghasilkan anak sehingga menambah populasi ternak nasional.

Rencana kegiatan SIKOMANDAN tahun 2021 dipaparkan oleh peneliti Kelji Peternakan yaitu Syamsu Bahar S.Pt, MSi yang disampaikan pada Seminar Rencana Kegiatan T.A 2021. Tujuan kegiatan ini diantaranya adalah bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta melakukan monitoring dan evaluasi target dan realisasi IB, PKB dan kelahiran pedet sapi di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Selain itu, mendampingi inovasi teknologi budidaya ternak dalam bentuk penyediaan informasi teknologi dan pelatihan (BImtek).

Pendampingan teknologi peternakan yang direncanakan akan dilaksanakan diantaranya : 1. Pelatihan (bimtek) penyusunan formula pakan konsentrat ternak sapi; 2. Pelatihan penggunaan aplikasi informasi teknologi “Takesi” yang dapat diunduh di playstore, berisi informasi kesehatan hewan seperti penyakit dan penanganannya. Adapun sumber teknologi berasal dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Litbang Pertanian. Selamat Bekerja BPTP Jakarta.