JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta --  (9/08/2020), Panen cabai di Jakarta bukan hanya mimpi dan bahkan angan-angan belaka. Hal ini telah dibuktikan kembali oleh Poktan Kebun Berseri yang berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan dan telah sukses memanen cabai rawit Prima Agrihorti yang merupakan varietas unggulan Balitbangtan. Varietas cabai rawit Prima Agrihorti yang ditanam di lahan seluas 1000 meter persegi ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding jenis cabai lainnya. Diantaranya produktivitas tinggi yaitu 9- 20 ton/ha, mampu beradaptasi dengan baik di dataran medium dengan ketinggian 510 - 550 mm dpl pada musim kemarau basah. Selain itu, varietas ini juga mempunyai keunggulan cita rasa yang pedas.

Panen cabai rawit Prima Agrihorti perdana ini dihadiri oleh Kepala BPTP Jakarta, Sekretaris Kelurahan Bintaro, Kasatlak dan tim BPTP Jakarta. Dan pada kesempatan tersebut, disampaikan oleh Kepala BPTP Jakarta, Dr. Ir. Arivin Rivaie, M.Sc  bahwa varietas cabai rawit Prima Agrihorti yang dilepas oleh Balitbangtan sejak tahun 2015 ini berpotensi untuk dikembangkan di daerah sentra produksi terutama dataran tinggi dan cocok juga untuk dataran rendah sepertti lahan pertanian di perkotaan, seperti Jakarta.

Disampaikan pula oleh Bapak Sugiarto (Ketua Poktan Kebun Berseri Bintaro) bahwa sudah dua tahun berusahatani di wilayah Bintaro ini dengan berbagai jenis sayuran seperti kangkung, bayam, jagung, kacang tanah, serta tanaman buah lainnya seperti pisang, pepaya, dan umbi-umbian.  Awalnya Poktan Berseri pun menanam cabai merah besar tetapi banyak tantangannya bukan hanya banyak serangan hama tetapi juga diserang fusarium sehingga hasilnya kurang maksimal. Selanjutnya, BPTP Jakarta beserta Dinas KPKP DKI Jakarta melakukan pendampingan dengan mengintroduksikan teknologi budidaya cabai, diantaranya adalah penggunaan Bioprotektor dan Thricoderma. Lebih lanjut Sugiarto menambahkan harapannya ke depan untuk terus mendapatkan pendampingan dari BPTP dan Dinas Pertanian DKI Jakarta.