JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, 22 Juli 2020. Melalui Pelatihan Urban Farming yang dilaksanakan di kantor BPTP Jakarta, Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini Penghubung 01 Kementerian Pertahanan, mengadakan pelatihan Urban Farming dalam rangka program kerja IKKT Kementerian Pertahanan tahun 2020. Acara dibuka dan disambut baik oleh Kepala BPTP Jakarta yang diwakili oleh Kasie KsPP, Dra. Dyah Pitaloka, M.Si. Dalam sambutannya, Kasie KsPP menjelaskan secara umum Inovasi Teknologi Pertanian yang sudah dihasilkan oleh BPTP Jakarta dan memberi apresiasi terhadap program kerja IKKT Kementerian Pertahanan.

Kegiatan pelatihan meliputi pengenalan Inovasi Teknologi Urban Farming yang dihasilkan dan terus di kembangkan di kantor BPTP Jakarta, meliputi teknologi budidaya tanaman dalam pot, akuaponik, budidaya kelinci, vermikompos dan hidroponik serta model budidaya secara vertical yaitu wall gardening yang dapat dikembangkan pada lahan yang terbatas. Teknologi Akuaponik rupanya menarik banyak perhatian peserta pelatihan, teknologi tersebut merupakan integrasi teknologi budidaya tanaman dengan ikan yang dapat menghasilkan sayuran dan ikan secara terpadu.

Ketua IKKT Kementerian Pertahanan, Yayuk Donny Ermawan Taufanto mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, pengurus serta anggota dapat secara aktif berupaya dalam mendukung program ketahanan pangan pemerintah dengan membekali pengetahuan terkait budidaya tanaman. Materi Pelatihan Inovasi Teknologi Urban Farming disampaikan oleh Dr. Indarti Puji Lestari, S.P., M.Si. (Peneliti BPTP Jakarta). Kemudian dilanjutkan dengan demo dan praktek budidaya hidroponik dan microgreens oleh M. Nur, A.Md serta pembuatan smoothies dari pakcoy dan kelor oleh Ir. Adriani Ratnasari.

Kegiatan pelatihan Inovasi Teknologi Urban Farming dalam situasi pandemik seperti ini, diharapkan dapat menjadi bekal keterampilan untuk para peserta pelatihan dalam memaksimalkan lahan pekarangan yang terbatas, sehingga juga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara mandiri. Kegiatan pelatihan ini tetap memperhatikan social distancing, penggunaan masker, dan hand sanitaizer. Beberapa hari menjelang acara, semua peserta maupun petugas dari BPTP Jakarta yang akan menjalankan tugas telah melakukan rapid test di klinik Kementerian Pertahanan untuk mendukung agar pelaksanaan acara berlangsung aman dan nyaman serta tetap mengikuti ketentuan pencegahan covid-19.

Melalui Teknologi Urban Farming, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian Bersama-sama menjaga ketahanan dan keamanan pangan keluarga secara mandiri.