JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Penyuluh dan POPT BPP Kembangan Jakarta Barat bersiap menjadikan BPP Kembangan sebagai sumber informasi budidaya padi masyarakat. Salah satu fokus pendampingan, pembinaan penyuluh dan POPT di wilayah ini adalah budidaya tanaman padi. Sekretariat penyuluh pertanian dan POPT yang berada di BPP Kembangan, selain meliliki bangunan kantor dan ruang serba guna, juga memiliki kebun percobaan yang masih cukup luas. Kebun percobaan ini digunakan sebagai tempat edukasi dan diseminasi budidaya tanaman hortikultura. Selain itu, BPP Kembangan juga memiliki embung buatan yang menjadi tempat penampungan air dan bermanfaat pada saat musim kemarau. Potensi ini yang menjadikan penyuluh dan POPT di BPP Kembangan berinisiatif untuk melakukan demplot budidaya tanaman padi.

Lahan kering pada kebun percobaan BPP Kembangan akan disulap menjadi lahan sawah berlumpur yang dapat ditanami dengan jenis padi irigasi sawah. Pembersihan lahan dari rumput dan pengolahan lahan saat ini sudah mulai dilakukan. Rencananya budidaya tanaman padi ini akan menerapkan sistem budidaya padi semi organik yang menggunakan pupuk dan teknologi pengendalian hama penyakit tanaman dari bahan organik.

Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Jakarta Barat, Sri Riana Hanim menyampaikan, demplot ini dilakukan sebagai upaya untuk kaji terap bagi Penyuluh dan POPT melakukan budidaya padi. Harapannya, jika demplot ini berhasil maka akan menjadi sumber edukasi bagi masyarakat dan petani di daerah Jakarta Barat. Proses duplikasi teknologi akan menjadi lebih mudah dengan adanya contoh yang dapat dilihat dan diambil pelajarannya.

BPTP Jakarta sebagai mitra BPP Kembangan dalam rujukan teknologi dan inovasi pertanian akan membantu mendampingi pelaksanaan kegiatan ini. Teknologi yang disarankan ialah VUB yang spesifik lokasi, agrimeth, bioprotektor, penggunaan tanaman pengalih perhatian berupa refugia, serta bunga matahari untuk memancing kehadiran musuh alami hama tanaman padi. Selain itu, sampel tanah pada lahan yang akan dijadikan sebagai demplot diambil untuk dianalisis kadar haranya secara cepat menggunakan PUTK. Hasil analisisnya tanah memiliki pH netral, kandungan P termasuk sedang, K tergolong sedikit serta C organik yang rendah.