Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
M-KRPL
Sinar Tani
Banner5
banner4
banner2
eproduk


Manfaat Bawang Merah PDF Cetak E-mail
Oleh Avan Rafandi   
Senin, 05 Januari 2015 00:00

Pada saat ini umbi bawang merah maupun daun bawang merah sehari-hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Lebih dari itu bawang merah ini ternyata sangat kaya akan kandungan zak-zat yang berguna untuk tubuh kita. Untuk memperoleh manfaat dari bawang merah ini, mari kita mengenal lebih jauh dengan kandungan bawang merah yang meriah ini. Berikut manfaat bawang merah :

  • Minyak pada bawang merah yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan dapat dibunuh dengan menggunakan minyak bawang merah.
  • Minyak pada bawang merah dapat juga membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC. Minyak pada bawang merah benar-benar mampu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dalam waktu singkat.
  • Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan uap bawang merah dapat menyembuhkan luka.
  • Minyak pada bawang merah dapat juga mengaktifkan gerakan lambung.
  • Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  • Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.
  • Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan pada darah.
  • Minyak bawang merah dapat juga digunakan untuk mengobati batuk rejan dan radang paru dengan menggunakan bbawang merah sebagai kompres di atas dada. Jika minyak bawang merah diletakkan di atas ginjal dan kantong kemih, bisa menyembuhkan susah buang air kecil.
  • Minyak bawang merah diletakkan di atas kedua telapak kaki, maka dapat menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah.
  • minyak bawang merah jika diletakkan di atas luka, maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor.
  • bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.
  • Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terluka untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Bawang merah apabila ditumbuk dan didihkan dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir.
  • Seduhan bawang merah ini dapat digunakan untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, yaitu dengan cara menyeduh potongan-potongan bawang merah dan memasukkannya ke dalam air dan disimpan sepanjang malam, lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar-benar keluar seluruhnya.
  • bawang merah juga bisa menghilangkan cacing di lambung dan mengobati wasir dengan cara membuatnya sebagai obat pencahar dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus.

Dengan cara menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab bau bawang merah sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com