JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mesin Ekstraktor Buah Belimbing

PENDAHULUAN

Bah Belimbing merupakan buah unggulan di Jakarta Selatan. Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah belimbing juga dikonsumsi dalam bentuk minuman sari buah yang mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah. Mesin ekstraktor buah belimbing adalah mesin yang khusus dimodifikasi BPTP Jakarta untuk membuat sari buah belimbing. Mesin ini berfungsi untuk mengekstrak buah belimbing sebagai bahan baku pembuatan minuman sari buah belimbing. Dengan kapasitas 75 kg belimbing per jam, penggunaan mesin ini akan menghemat waktu dan tenaga. Dari hasil pengkajian, kombinasi pemblansiran buah belimbing dan ekstraksi menggunakan mesin ini dapat meminimalkan endapan pada sari buah belimbing sehingga penampilan saribuah menjadi lebih baik.

SPESIFIKASI MESIN
Dimensi     : 75 cm X 40 cm X 120 cm
Bahan       : Stainless steel
Penggerak : Motor Listrik 1 PK
Daya         : 1300 watt
Kapasitas   : 75 kg belimbing/jam
Operator   : 1 orang

CARA KERJA MESIN
Mesin ini terdiri dari 2 bagian utama, yaitu penghancur (chopper) dan pemeras (screwpressure). Dengan demikian cara kerjanya sederhana, yaitu cacah dan peras. Bagian penghancur (chopper) berfungsi untuk mencacah buah belimbing sehingga menjadi potongan kecil. Potongan-potongan belimbing ini masuk ke bagian pemeras ulir (screwpressure) untuk memisahkan antara ampas dan sari buahnya.

CARA EKSTRAKSI BUAH BELIMBING DENGAN MESIN
1. Siapkan Buah Belimbing
(-) Pilih buah belimbing yang matang, buang bagian yang busuk dan bagian atas rusuk, kemudian dicuci bersih, (-) Letakkan buah belimbing dalam kain saring/jala, (-) Lakukan pemblansiran dengan cara dicelupkan dalam air panas(sekitar 800C) selama 3-5 menit, (-) - Angkat buah belimbing dan celupkan ke dalam air dingin untuk menghindari panas berlebih (over heating), (-)  Jangan terlalu lama di dalam air panas agar buah tidak menjadi lembek. Buah yang lembek justru akan menimbulkan banyak endapan.

2. Proses ekstrasi Sari buah
(-) Siapkan 2 wadah, untuk menampung sari buah belimbing dan ampas buah, (-) Mesin dinyalakan, (-) Masukkan buah belimbing yang sudah diblansir ke dalam mesin. Buah akan dicacah dan dihancurkan. Buah yang telah hancur akan meluncur memasuki bagian pemeras (screwpressure) untuk diperas. Ampas akan keluar dari mesin secara terpisah dari sari buah. Pemerasan ampas buah masih bisa diulang 2 sampai 3 kali agar sisa sari buah yang ada dalam ampas terekstrak semua, (-) Ekstrak buah belimbing siap diolah lebih lanjut menjadi minuman sari buah belimbing.

KELEBIHAN PENGGUNAAN MESIN
Kelebihan penggunaan mesin ini pada proses pembuatan sari buah belimbing adalah lebih efsien dari segi waktu dan tenaga (hanya perlu 1 orang operator). Kombinasi pemblansiran dan ekstraksi menggunakan mesin ini dapat meminimalkan endapan pada sari buah belimbing. Mesin ini sangat mudah perawatannya. Setelah digunakan, mesin dibersihkan dengan cara disemprot dengan air bersih.