JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Pengolahan Bir Pletok

PENDAHULUAN

Birpletok merupakan minuman khas Betawi yang sama sekali tidak mengandung alkhol, dikemas dalam botol dalam botol dan diracik dari berbagai rempah-rempah. Minuman ini berkhasiat menurunkan gejala masuk angin, kelelahan, mengatasi sariawan bahkan termasuk reumatik. Pada saat ini birpletok sudah banyak diperdagangkan di hotelhotel dan tempat lainya di Jakarta, yang disajikan baik pada turis domestik maupun
mancanegara.

Pengolahan birpletok yang dilakukan oleh petani masih bervariasi mulai dari bahan baki, warna rasa, aroma dan umur simpan. Dalam pengolahan, mereka belum mengarah kepada peningkatan mutu dan nilai tambah produk. Rendahnya nilai mutu produk ini, menyebaabkan petani pengolah hanya dapat membuat birpletok yang masa kadarluasanya tidak terlalu lama serta jumlah produksinya masih terbatas.

Berdasarkan hal tersebut, BPTP Jakarta telah melakukan pengkajian perbaikan teknologi pengolahan birpletok, hasil kajian tersebutdigunakan untuk menyusun standar proses produksi (SPO) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu birpletok. Dengan adanya standarisasi, dapat meningkatakan kualitas dan daya saing pasar produk tersebut.

BAHAN BAKU BIRPLETOK
1. Air : ± 10 liter
2. Gula pasir : 1,5 – 2,0 kg
3. Garam : 1/2 – 1 sendok makan
4. Jahe emprit : 1kg
5. Bji pala : 2 – 3 buah
6. lada hitam : 10 – 15 butir
7. Kyu masohi : 1 batang (± 10 cm)
8. Kapu laga : 10 – 15 butir
9. Cbe jawa : ± 10 buah
10.kayu manis : 2 batang (±10 cm)
11.cengkeh : 10 buah
12.daun pandan : 10 – 15 lembar
13.sereh : 10 – 15 batang


Dengan bahan baku tersebut, dapat menghasilkan + 15 botol ABC atau 50 botol kecil birpletok  berukuran 240 ml.