JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

FEED Block Supplement Pakan Tambahan berbentuk Blok

Pendahuluan

Usaha ternak masih terdapat di kota metropolitan Jakarta, jumlahnya sebanyak 4054 ekor dengan produksi susu masih rendah, yaitu 10.685 liter/hari (Dinas peternakan DKI Jakarta, 2002). Salah satu penyebab rendahnya produktivitas tersebut adalah permasalahan pakan ternak yang berkaitan dengan:  1). Mutu nutrisi pakan yang rendah, karena kadar zat gizi maupun tingkat kencernaannya yang rendah, 2). Ketersediaan bahan pakan yang tidak menentu, 3). Kebutuhan zat nutrisi yang tinggi akibat fungsi ganda, misalnya pada saat bunting juga menghasilkan susu.

Permasalahan pakan ini dapat diatasi dengan pemberian pakan tambahan yang fungsinya untuk meningkatkan efisiensi pakan. Pakan tambahan yang telah di teliti dan dikaji sangat bermanfaat bagi sapi perah adalah FBS (Feed Block Supplement) atau pakan tambahan berbetuk block (kotak/silinder).

Hasil penelitian BPTP Jakarta bekerja sama dengan fakultas peternakan IPB bogor menunjukan bahwa sapi perah yang diberi FBS sebagai pakan tambahan dapat meningkatkan produksi susu sebesar 6-8%, serta meningkatakan kualitas susu melalui peningkatan persentase kadar lemak, bahan kering dan berat kering tanpa lemak. Susu sapi yang diberi tanbahan FBS mempunyai daya simpan lebih lama di banding kontrol.

Apa itu FBS
FBS adalah pakan fomula yang lengkap, mengandung energi, protein, mineral, vitamin dan bahan tambahan lainnya yang bersifat fungsional untuk menghambatkan pembentukan methan dalam pencernaan, untuk pembentukan protein dari N sumber pakan  (defaunasi) Dan peningkatan aktivitas probiotik.

FBS yang telah diuji adalah berbentuk silinder yang tengahnya berlubang. FBS mempunyai komposisi utama : 1). Protein kasar 20%, 2). Mineral makro (Ca, P ,Mg, Na, CI, dan K), 3). Mineral mikro (Fe, Mn, Zn, Cu, I dan Co).

Kegunaan FBS
Apabila FBS diberikan pada sapi perah akan bermanfaat untuk : 1). Memasok beberapa zat makanan bagi sapi perah, yaitu energi dan protein, 2). Mengkoreksi ketidakseimbangan zat gizi, 3). Mengkoreksi ketidakseimbangan antara hijauan dan konsentrat, 4). Menningkatkan aktvitas dan pupulasi mikroba rumen, sehingga amonia yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pembentukan protein oleh mikroba, 5). Memasok unsur mineran yang dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas metabolisme sehingga dapat meningkatkan sintesa laktosa oleh kelenjar ambing, 6). Memeprbaiki metabolisme pencernaan dengan menghambat pembentukan gas methan sehingga mengurangi pemborosa energi pakan, dan 7). Meningkatkan pencernaan bahan kering dan bahan organik.

Cara pemberian FBS
Cara pemberian FBS pada sapi sangat mudah dan tidak mempengaruhi kebiasaan petani dalam memberikan pakan. FBS dikait dengan kaitan khusus kemudian di gantung di depan sapi dengan jarak terjangkau moncong sapi. Dengan demikian, sapi akan menjilat FBS apabila merasa membutuhkan. Satu blok FBS dapat digunakan untuk jangka waktu 1 bulan. Setelah habis baru diberikan lagi.

Keuntungan FBS
Beberapa keuntungan yang dapat dipetik apabila mengunakan FBS sebagai pakar tambahan pada sapi perah, yaitu:  1). Cara pemberiannya mudah sekali, 2) Dapat meningkatkan produksi susu sapi perah, 3) Dapat meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan, dan 4) Dapat meningkatan pendapatan peternak.

Sumber:  Laporan kajian tehnik suplementasi terpadu untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu sapi perah di DKI Jakarta.