JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Feed Block Suplement Pakan Tambahan Sapi Perah

Pendahuluan

Sapi perah merupakan komoditas peternakan yang masih dipelihara oleh peternak di DKI Jakarta. Produksi susu yang dihasilkan terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan susu segar bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Tingkat produksi ternak sapi masih tergolong sangat rendah, yaitu hanya sekitar 5-10 liter/ekor/hari.

Penyebab rendahnya produksi tersebut, disebabkan karena adanya permasalahan nutrisi ternak, terutama berkaitan dengan: (1) mutu nutrisi pakan yang rendah, baik ditinjau dari kadar zat gizi maupun tingkat kecernaannya, sehingga tidak menjamin kesinambungan produksi ternak, (2) ketersediaan bahan pakan yang tidak menentu, (3) kebutuhan zat nutrisi yang tinggi akibat fungsi ganda, misalnya sebagai ternak kerja dan penghasilkan susu, (4) system produksi belum selaras dengan pola ketersediaan pakan sehingga terjadi kekurangan pakan saat laktasi yang yang menyebabkan anak menyebabkan anak sapi (umur kurang dari 6 bulan) banyak mengalami kematian.

Permasalahan pakan ini dapat diatasi dengan supplementasi yaitu pemberian pakan tambahan yang fungsinya selain dapat mengatasi masalah defisiensi., juga dapat meningkatakan kapasitas mencerna dari hewan. Pakan tambahan yang telah diteliti dan dikaji sangat bermanfaat bagi sapi perah adalah FBS (Feed Block Supplement) atau pakan tambahan berbentuk blok.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh BPTP Jakarta bekerjasama dengan Fakultas Peternakan IPB Bogor, menunjukan bahwa sapi yang diberi FBS sebagai pakan tambahan dapat meningkatkan produksi produksi susu sebesar 6-8%, meningkatkan kualitas susu melalui peningkatan persentase kadar lemak, bahan kering dan berat kering tanpa lemak (BKTL), serta mempunyai daya simpan lebih lama.