JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Khasiat Tanaman Serei

Serei merupakan sejenis tanaman yang berdaun mirip rumput gajah dengan daun yang lebih ramping. Sekilas tanaman ini seperti gundukan rumput lebat atau alang-alang yang tidak berguna, tetapi jangan salah, tanaman serei merupakan tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya.

Serei sangat baik untuk detoksifikasi tubuh, yaitu dapat membersihkan toksin berbahaya yang keluar dari badan, dapat memperlancar fungsi beberapa organ tubuh, tergolong juga hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat.

Serei bersifat diuretik, efek diuretik serei dapat menambah jumlah frekuensi buang air kecil sehingga menjaga kesehatan pencernaan.

Berbagai  Khasiat Tanaman Serei

  1. Batuk; Gunakan sebatang daun serei, 1 jempol jahe bakar,1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga  dalam 4 gelas air. Rebus dengan dicampur sedikit garam dan gula merah. Minum ramuan ini pagi dan sore hari hingga batuk hilang.
  2. Rematik; Rebus 7 batang serei, segenggam daun jeruk nipis dalam 6 gelas air hingga mendidih, lalu campur dengan air dingin seperlunya, untuk berendam tidak lebih dari ½  Lakukan teratur hingga sembuh
  3. Detoksifikasi; Rebus 70 gr serei kedalam air 100 cc, lalu minum air rebusan itu pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lain. Tunggu 1 jam sebelum menyantap makanan lain
  4. Memperlancar Haid; Memarkan 2 batang serei, rebus dengan dua gelas air. Setelah air berkurang dan harum, campurkan gula merah seperlunya dan dinginkan. Minum hangat-hangat ¾ gelas 2 x 1hari
  5. Asam Urat; Rebus 10 lembar daun salam dengan 700 cc air dan 2 batang serei hingga tersisa 200 cc. Kemudian minum airnya pada saat hangat dengan teratur 1 hari 1 gelas atau 2 gelas
  6. Menghindari kanker; Rebus 100 gr serei dengan2 gelas air, panaskan hingga 15 menit dan minum saat pagi dan sore hari ½ gelas setiap saat minum.

Begitu banyak manfaat dari tanaman serei, apakah kita akan menunda-nunda untuk menanam serei. Mulai sekarang  marilah kita menanam serei, baik itu di pot maupun dihalaman rumah.