JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sistem Hidroponik dalam Ruangan Skala Rumah Tangga

Hidroponik menjadi salah satu pilihan untuk budidaya pertanian yang efektif dan efisien menghasilkan produk berkualitas. Tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik pun dapat tumbuh dengan baik apabila kebutuhan nutrisi, sirkulasi udara, dan media yang sesuai. Budidaya hindroponik di wilayah perkotaan semakin berkembang karena keterbatasan lahan rumah tangga di perkotaan. Salah satunya adalah sistem budidaya hidroponik dalam ruangan. Dengan menggunakan konsep efisiensi tempat dan efektifitas waktu perawatan, budidaya hidroponik ruangan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem terapung dan pencahayaan dari lampu LED. Cahaya artifisial dari lampu LED mampu diproses tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Media tumbuh yang terbaik pada budidaya hidroponik dalam ruangan bagi komoditas sayuran adalah zeolit. Media terbaik pada budidaya hidroponik untuk komoditas bawang merah (berumbi) adalah sekam. Zeolit yang digunakan bentuknya seperti batu kerikil dengan ukuran 1-5 mm.

Zeolit memiliki rongga-rongga dan ruang kanal yang berbeda-beda yang memungkinkan menyimpan air sampai 60%. Sekam yang digunakan merupakan jenis sekam yang telah dibakar. Zeolit memiliki beberapa sifat kimia yang lebih baik dibandingkan arang sekam, yaitu pH yang mendekati netral, daya hantar listrik yang rendah, nilai KTK yang lebih tinggi, serta kadar Ca2+ dapat dipertukarkan yang lebih tinggi. selain itu, penggunaan zeolit sebagai media tanam memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah kemampuannya menyerap air dalam jumlah cukup besar tinggi sehingga praktis dalam pelaksanaan perawatan dan penyiraman tanaman. Mineral zeolit juga mampu menyerap sementara unsur-unsur hara yang diberikan melalui pemupukkan, lalu melepaskannya untuk memenuhi kebutuhan tanaman sesuai dengan keperluannya (slow releasing agent).

Hidroponik indoor, pencahayaan dibantu dengan lampu LED

 

Respon positif yang dimiliki oleh zeolit dikarenakan sifatnya yang dapat menyerap pupuk dan mengeluarkannya sesuai dengan kebutuhan tanaman. Sehingga zeolit dapat dijadikan sebagai media tanam alternatif pada budidaya hidroponik selain rockwol. Kelebihan lain zeolit adalah dapat digunakan berulang kali. Caranya adalah setelah panen zeolit dapat dibersihkan dari akar dan kotoran lainnya. Kemudian zeolit disterilisasi menggunakan air panas atau dijemur dibawah sinar matahari untuk membersihkan dari jamur, bakteri dan virus. Zeolit dapat digunakan kembali sebagai media tanam setelah kering.

 

Hidroponik ourdoor dalam rumah kaca


Penggunaan cahaya artifisial (lampu LED) mampu diproses tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Perlakuan lampu LED memberikan hasil panen yang cukup baik pada komoditas pakcoy dan kailan. Cahaya lampu LED tidak mencukupi kebutuhan tanaman bawang merah untuk proses pembentukan umbi. Pertumbuhan dan hasil panen pakcoy, selada, bawang merah serta kailan tidak terpengaruh oleh pengaturan aerasi. Perlakuan non aerasi memberikan pengaruh yang lebih baik pada komoditas bawang merah dan kailan. Pertumbuhan dan hasil panen pakcoy, selada, serta kailan pada media zeolit dapat memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan sekam dan rockwol. Sekam menjadi media terbaik pada budidaya hidroponik untuk komoditas bawang merah (berumbi).

 

Sumber :

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta. 2016. Laporan Akhir Kajian Hidroponik Sayuran dalam Ruangan Skala Rumah Tangga. Jakarta: BPTP Jakarta.