JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
|Mengenal M-KRPL| Lokasi M-KRPL BPTP Jakarta| |Success Story| |Galery Photo| |Video KRPL|

Pada tahun 2012, kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) dilaksanakan di delapan (8) lokasi yaitu Jakarta Timur (3 lokasi), Jakarta Barat (1 lokasi), Jakarta Pusat (1 lokasi), Jakarta Utara (2 lokasi) dan Jakarta Selatan (1 lokasi).  Lokasi untuk masing-masing wilayah adalah sebagai berikut:

1.  Lokasi Jakarta Timur   : Cijantung, Kramat Jati, KBT (Malaka Sari)

2.  Lokasi Jakarta Barat    : Joglo

3.  Lokasi Jakarta Pusat    : Sumur Batu

4.  Lokasi Jakarta Utara    : Marunda, Rorotan

5.  Lokasi Jakarta Selatan : Pesanggrahan

 

 

1. M-KRPL Cijantung, Jakarta Timur

M-KRPL Cijantung dilaksanakan di RT.01/RW.05 Kompleks Perumahan Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur dengan jumlah partisipan sebanyak 40 orang (40 rumah) yang dibagi menjadi 2 kelompok (20 orang/kelompok). Partisipan terdiri dari anggota Kopassus dan anggota Persit (Persatuan Istri Tentara) cabang Kopassus. Untuk kedua kelompok tersebut, dibangun satu Kebun Bibit Kelompok (KBK) bertempat di halaman samping gedung kantor Persit Cabang Kopassus. Selanjutnya dilakukan penyemaian bibit tanaman di KBK, dengan menanam sebanyak 10 jenis bibit tanaman. Pemeliharaan bibit dilakukan setiap hari selasa yang dimulai dari tanggal 12 Juni 2012. Bibit tanaman yang telah siap kemudian dibagikan untuk ditanam didalam rak-rak dari bambu, pot, atau polybag di pekarangan rumah partisipan.

 

2. M-KRPL Kramat Jati, Jakarta Timur

M-KRPL Kramat Jati berlokasi di RW 10 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta dengan melibatkan 30 Kepala Keluarga (KK) dari RT 01 sampai dengan RT 08 dan RT 10. Kebun Bibit Kelompok (KBK) dibangun halaman rumah H. Ramin salah seorang warga RT 06. Komoditas yang dikembangkan berdasarkan survey kesukaan konsumen adalah tanaman sayuran (bayam, kangkung, caisin, selada, pakcoy, seledri, pare, oyong, terong, tomat dan cabe), tanaman buah (pepaya, jeruk, jambu air, belimbing wuluh, mangga, sukun dan pisang) dan ternak (kelinci, lele, ikan patin, ikan mas, ikan gabus, ikan bawal dan ikan gurame). Selain dengan penanaman vertikultur dan dalam pot/polybag, diintroduksikan pula inovasi teknologi tanaman sayuran hydroponik/aquaponik untuk jenis tanaman caisin, selada dan kangkung. Penenaman model aquaponik dilakukan dengan menggunakan gelas plastik yang diisi media arang sekam bakar, kemudian diletakkan di atas kolam ikan. Penanaman dengan model aquaponik di atas kolam ikan selain bertujuan untuk menyaring air kolam agar selalu bersih, kotoran ikan yang tersaringpun dipakai sebagai pupuk tanaman sayuran yang ditanam di atasnya (menghemat pupuk).

3. M-KRPL Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur

M-KRPL KBT dibangun tak jauh dari bantaran Kanal Banjir Timur, tepatnya di wilayah RT 011/RW 08 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dengan melibatkan 30 kepala keluarga. Kebun Bibit Kelompok dibangun seluas 2 m x 4 m di Jalan Kampung Malaka RT. 011 RW.08. Untuk pengelolaan awal dilakukan oleh ketua RT dibantu oleh koordinator kelompok. Jenis komoditas sayuran buah yang banyak diminati adalah cabe rawit, cabe kriting, bunga kol, toga (tanaman obat keluarga) ,caisim, bayam, dan kangkung. Selain budidaya tanaman, kelompok juga banyak yang berminat untuk kegiatan budidaya ikan lele munggunakan kolam mini. Penanaman dilakukan didalam polybag, pot, dan talang vertikultur yang ditempel di tembok rumah warga. Kegiatan M-KRPL ini memberikan kesadaran bagi warga yang tadinya halamannya gersang menjadi lebih hijau. Selain itu, kegiatan budidaya dan pemeliharaan tanaman dimanfaatkan sebagai sarana berkomunikasi antar tetangga serta seklaigus meningkatkan kepuasan warga karena dapat memanen sayuran hasil budidaya yang dilakukan sendiri.

4.  M-KRPL Joglo, Jakarta Barat

Lokasi M-KRPL Joglo berada di kawasan Kompleks Perum Pemadam Kebakaran Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan Kotamadya Jakarta Barat. Kooperator dalam kegiatan ini sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari kelompok Gapoktan Wijaya Mandiri dan PKK kompleks Perum Pemadam Kebakaran. Kebun bibit kelompok (KBK) dibangun di lahan kosong di samping rumah salah seorang partisipan. Jenis tananaman yang dipilih adalah berbagai jenis sayuran daun maupun sayuran buah, yaitu caisin, kangkung, bayam, tomat, terung, mentimun, pare, bawang daun, seledri, selada, cabe, kenikir, dan kacang panjang. Disamping itu dikembangkan juga pembibitan TOGA seperti rosela, jahe, kencur, dan kunyit. Selain itu, atas permintaan warga dilakukan juga pembibitan dan budidaya jamur tiram serta tanaman kelor.

5. M-KRPL Sumur Batu, Jakarta Pusat

M-KRPL Sumur Batu diinisiasi di RW 07, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat dengan melibatkan sekira 40 KK yang berasal dari RT RT 002/07, RT 004/07, RT 005/07, RT 006/07, RT 007/07, RT 008/07, serta RT 015/07. Daerah yang dijadikan tempat M-KRPL merupakan daerah perumahan penduduk yang padat dan berupa gang-gang sempit (gang motor) yang padat. Oleh karena itu, kebun bibit kelompok (KBK) didirikan di satu-satunya lahan terbuka di kawasan tersebut. Jenis-jenis tanaman yang ditanam antara lain pare, terung, kunyit, kencur, kemangi, pakcoy, kenikir, tomat, cabe, kangkung, bayam,  pegagan, dan saledri. Jadwal pemeliharaan KBK dan panen ditentukan oleh warga setempat yakni setiap hari Selasa dan Minggu.

6.  M-KRPL Marunda, Jakarta Utara

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Marunda bertempat di rumah susun Angkatan Laut, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Warga kooperator di KRPL Marunda dibagi ke dalam 3 kelompok berdasarkan flat tempat tinggal. Pemilihan komoditas berdasarkan survey kesukaan warga adalah sayuran dataran rendah (cabe, terung, kangkung, bayam, tomat, kacang panjang, mentimun) dan peternakan / perikanan budidaya ikan nila. Namun, karena di lokasi tersebut kondisi anginnya cukup kencang maka sebaiknya tanaman yang ditanam mempunyai bobot yang cukup berat dan ditanam dengan menggunakan pot. Tanaman sayuran yang dapat tumbuh dengan baik antara lain: kangkung, pare, mentimun, dan kacang panjang.

 

7.  M-KRPL Rorotan, Jakarta Utara

M-KRPL Rorotan ditempatkan Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dengan jumlah warga yang terlibat sebanyak 30 KK. Di lokasi ini, selain pengembangan komoditas sayuran, dilakukan pengembangan budidaya ikan lele, pengolahan hasil, pengelolaan bank sampah dan pengelolaan komposting. Dalam kelembagaan kelompok sudah dibentuk tim yang menangani budidaya tanaman, pengolahan hasil, pengelolaan bank sampah, pengelolaan komposting, dan pengelolaan kebun. Dukungan moril terhadap kelembagaan kelompok dalam melaksanakan kegiatan KRPL antara lain dukungan dalam hal kemudahan dalam pemanfaatan lahan-lahan tidur untuk dijadikan lokasi kebun bibit maupun penanaman yang mendukung KRPL.

8.  M-KRPL Pesanggrahan, Jakarta Selatan

M-KRPL Pesanggrahan berlokasi di RT 05/10, Kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pembuatan Kebun Bibit Kelompok (KBK) telah dilakukan pada lokasi ini. Juga telah dilakukan penyemaian bibit tanaman sayuran di KBK. Pemeliharaan bibit dilakukan oleh warga sekitar. Di lokasi kegiatan KRPL Pesanggarahan telah dilakukan distribusi tanaman ke warga kooperator dan telah dilakukan panen tanaman sayuran oleh warga.

banner-krpl

Bannerjakarta