JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Hidroponik Sayuran dalam Ruangan Skala Rumah Tangga

Hidroponik menjadi salah satu pilihan untuk budidaya pertanian yang efektif dan efisien menghasilkan produk berkualitas. Tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik pun dapat tumbuh dengan baik apabila kebutuhan nutrisi, sirkulasi udara dan media yang sesuai. Budidaya hindroponik di wilayah perkotaan menjadi berkembang karena keterbatasan lahan rumah tangga diperkotaan. Salah satunya melalui sistem budidaya hidroponik dalam ruangan. Dengan menggunakan konsep efisiensi tempat dan efektifitas waktu perawatan, budidaya hidroponik ruangan dirancang menggunakan sistem terapung dan pencahayaan dari lampu LED.

Pengkajian hidroponik skala ruangan terdiri dari dua tahap. Pertama pengujian yang menggunakan perlakuan ; jenis sumber cahaya terdiri dari dua macam yaitu menggunakan cahaya artificial lampu LED 8 watt dan cahaya matari (pada rumah kaca), pengaturan aerasi dan non aerasi, serta media tumbuh yang terdiri dari zeolit, sekam dan rockwol. Komoditas yang diuji adalah pakchoy, selada, bawang merah dan kalian. Tahap kedua pengkajian skala lapang yang dilakukan menggunakan media tanam terbaik hasil pengujian rumah kaca serta pengambilan data persepsi kooperator terhadap teknologi ini.

Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa (1) cahaya artifisial (lampu LED) mampu diproses tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pada komoditas tanaman berumbi (bawang merah), cahaya artifisial (lampu LED) tidak mencukupi kebutuhan untuk proses pembentukan umbi, (2) perlakuan non aerasi tidak menghambat pertumbuhan tanaman. Rata-rata Hasil panen perlakuan aerasi dan non aerasi sebanding beratnya, (3) media tumbuh yang terbaik pada budidaya hidroponik dalam dan luar ruangan bagi komoditas sayuran adalah zeolit. Media terbaik pada budidaya hidroponik untuk komoditas bawang merah (berumbi) adalah sekam.