JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Minuman Fungsional Jahe Rosela

Jahe dan rosela mempunyai potensi besar sebagai olahan minuman kesehatan. Sebagian besar kelompok olahan di DKI Jakarta telah menghasilkan olahan berbasis jahe dan rosela akan tetapi jenisnya masih belum bervariasi.  Oleh karena itu masih terbuka peluang diversifikasi untuk kedua produk tersebut sehingga menghasilkan suatu produk yang bernilai jual dan berpeluang pasar yang baik.Salah satu alternatif pengembangan olahan jahe rosela adalah minuman fungsional teh jahe rosela sebagai minuman kesehatan yang dapat memberikan kesegaran tubuh, juga memperbaiki fungsi-fungsi fisiologis, agar dapat melindungi tubuh dari penyakit, khususnya penyakit-penyakit degeneratif.

Pengkajian ini dilaksanakan di DKI Jakarta mulai Maret sampai Desember. Kajian ini  bertujuan untuk: 1) Mengembangkan 2 (dua) formula minuman fungsional berbahan baku jahe-rosela yang diterima dan disukai konsumen, 2) Mengembangkan 1 (satu) teknologi produksi minuman jahe-rosela yang murah dan mudah diaplikasikan dengan menghasilkan produk yang aman dan bermutu, 3) Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) proses produksi minuman jahe-rosela berbahan baku jahe dan rosela yang efisien dan mudah diaplikasikan dan sesuai prinsip-prinsip keamanan pangan. Kegiatan mencakup : 1) kajian formulasi, 2) kajian proses produksi.

Hasil yang diharapkan dari kajian ini adalah 1) Teknologi produksi minuman dan teh jahe-rosela yang efisien dan mudah diaplikasikan, 2) Produk minuman dan teh jahe-rosela yang aman dan bermutu, dan 3) penyusunan Prosedur Operasional Standar (SOP).  Berdasarkan hasil percobaan maka diperoleh formula minuman teh jahe rosela terbaik, yaitu formula dengan perbandingan 75% jahe : 25% rosela. Sedangkan formula terbaik teh jahe rosela adalah formula dengan perbandingan 5 gram jahe instan : 2 garam jahe bubuk : 2 gram rosela.