JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sari Wortel Nanas (Wornas)

’Wornas ini saya kira layak jual, enak dan bergizi. Saya sudah mencobanya dua gelas. Ini gelas ke-tiga,’’ ucap Menteri Pertanian Periode 2004-2009 Dr. Anton Apriyantono dalam suatu kesempatan di Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Juli 2008 silam.

Memang benar, minuman sari wornas yang terbuat dari campuran sari wortel dan sari nanas merupakan salah satu produk olahan minuman unggulan yang sedang dikembangkan oleh kelompok wanita tani (KWT) di DKI Jakarta. Minuman yang mempunyai khasiat kesehatan dan kaya akan zat gizi tersebut akan selalu dijumpai pada acara-acara bazar, pameran dan acara sejenis lainnya yang melibatkan KWT Jakarta. Namun sayang, minuman tersebut masih belum tergarap dengan optimal.

Dalam pengolahannya, masih banyak kendala yang dihadapi KWT terutama berkaitan dengan efisiensi produksi dan penampilan produk. Oleh karena itu, pada tahun 2009 lalu, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta telah melakukan pengkajian yang bertujuan untuk mendapatkan formula dan proses produksi yang dapat meningkatkan mutu produk, alat/mesin (Alsin) tepat guna untuk meningkatkan efisiensi produksi dan teknologi pengemasan yang berdaya saing.

Dari hasil kajian tersebut diperoleh hasil bahwa formula terbaik yang paling disukai oleh konsumen adalah sari wornas dengan perbandingan wortel lokal : wortel impor : nanas = 4 : 2 : 3. Formula terbaik tersebut mempunyai warna merah oranye yang atraktif dengan aroma dan rasa wortel dan nanas yang khas. Untuk memperoleh sari wornas yang baik tersebut terutama untuk mengurangi endapan dan pemisahan cairan maka sebaiknya wortel dan nanas dicelupkan terlebih dulu 5 menit pada air panas. Selain itu, untuk proses penghancuran wortel dan nanas lebih baik menggunakan mesin parutan daripada blender karena lebih cepat sehingga efisien dalam hal waktu yang digunakan. Sedangkan untuk kemasan maka disarankan menggunakan kemasan botol plastik PET 250 ml karena akan mempermudah konsumen untuk mengkonsumsinya dan dapat dibawa kemanapun mereka pergi.