JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pupuk Organik Cair HPS-1 (harapan Petani Sejahtera)

Pupuk  HPS-1 (Harapan Petani Sejahtera-1) merupakan salah satu jenis pupuk yang diproduksi oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta, salah satu unit pelaksana teknis lingkup Badan Litbang Pertanian. Pupuk ini telah dikaji melalui berbagai  tahapan penelitian dan pengujian sehingga aman digunakan untuk tanaman dan tidak memiliki pengaruh negatif terhadap lingkungan. Proses produksi pupuk dibawah bimbingan dan pengawasan langsung para peneliti BPTP Jakarta yang memiliki keahlian dalam formulasi pupuk, kesuburan tanah, dan budidaya tanaman.

Pupuk HPS-1 terbuat dari hasil ekstraksi dan fermentasi bahan organik pilihan yang sehat, bebas cemaran logam berat dan mikroba patogen. Kelebihan HPS-1, selain mengandung unsur hara makro-mikro terlarut air yang dapat diserap langsung baik melalui akar maupun daun tanaman, juga mampu mengikat air dan unsur hara secara labil sehingga terhindar dari proses pencucian(leaching) dan pengikatan (fixation) oleh kompleks padatan tanah.

Selain itu HPS-1 memiliki substansi organik (humat, fulvat, dan humin) yang berperan dalam meningkatkan KTK tanah. Pupuk cair ini dapat berperan sebagai detoksifikan senyawa racun yang terakumulasi dalam tanah, serta mengandung berbagai enzim, vitamin, dan fitohormon alami yang sangat dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan dan peningkatan hasil tanaman.

Manfaat dan Keunggulan
Secara spesifik, HPS-1 memiliki manfaat serta keunggulan sebagai berikut :

  • Meningkatkan ketersediaan unsur hara makro (N, P, K, Ca, Mg, dan S) dan hara mikro (Mn, Mo, Fe, Cu, Co, dan B) untuk tanaman,
  • Memperbaiki aktivitas biologi, sifat fisik dan kesehatan, serta keseimbangan ekologi  tanah,
  • Dapat mengurangi kehilangan hara yang diberikan sebagai pupuk, baik kehilangan melalui proses penguapan, pencucian, ataupun pengikatan oleh komplek padatan tanah,
  • Dapat meningkatkan efisiensi pemupukan Urea, TSP, dan KCl hingga 20%,
  • Memperbaiki kemampuan tanah dalam menyimpan air, dan
  • Dapat menekan aktivitas patogen penyebab penyakit tanam.