JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan Produktivitas Usahatani Lahan Sawah di Jakarta Utara

Program Prima Tani pada Agroekosistem Lahan Sawah di Kelurahan Rorotan Jakarta Utara telah berjalan pada tahun ke-3. Berbagai kegiatan untuk merealisasikan program tersebut telah dilakukan, mulai dari sosialisasi program di berbagai tingkatan sampai kepada penerapan inovasi teknologi pada lahan usahatani yang menjadi laboratorium agribisnis. Pada tahun ke-3 ini juga dilakukan penyebaran penerapan inovasi teknologi maupun kelembagaan ke wilayah lain sekitar lokasi kegiatan Prima Tani.

Sesuai dengan Roadmap dan Rancang Bangun yang telah disusun, maka pada tahun anggaran 2007/2008 pelaksanaan kegiatan ditekankan kepada penerapan inovasi teknologi pertanian dan inovasi kelembagaan pertanian dan mencoba untuk menumbuhkembangkan kelembagaan yang memang diperlukan dalam membangun laboratorium agribisnis di tingkat Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara.

Beberapa inovasi teknologi pertanian yang telah diterapkan oleh para petani di Rorotan pada program Prima Tani antara lain inovasi teknologi PTT pada padi sawah, pola integrasi padi-itik MA/tiktok, inovasi teknologi penangkaran benih padi di tingkat petani, teknologi pengomposan berbahan baku jerami dan teknologi penangkaran itik/tiktok.  Inovasi kelembagaan yang telah dikembangkan di lokasi laboratorium agribisnis antara lain adalah inovasi kelembagaan penyuluhan pertanian, dan kelembagaan kelompok tani/Gapoktan yang didalamnya telah tercakup kelembagaan pengairan, kelembagaan penyediaan sarana produksi, kelembagaan UPJA (usaha penyedia jasa Alsintan), serta kelembagaan pemasaran.

Pelaksanaan demplot inovasi teknologi PTT mengintroduksikan beberapa komponen teknologi yang sesuai dengan kebutuhan setempat. Komponen PTT yang diterapkan adalah penggunaan benih padi VUTB Ciherang dengan kelas benih sebar, penerapan sistem tanam jajar legowo 4:1 dan 2:1, penerapan Trap Barrier System (TBS) dan Linier Barier System (LBS) untuk pengendalian hama tikus serta penerapan parasitoid trichogramma untuk mencegah terjadinya serangan hama penggerek batang. Pada pelaksanaan demplot pola integrasi padi-itik MA/tiktok  menggunakan padi varietas Ciherang dengan pola tanam jajar legowo 2:1. Pelaksanaan demplot penangkaran benih padi menggunakan kelas benih Foundation Seed (FS) dengan varietas Ciherang. Untuk memproduksi benih sesuai dengan standar prosedur maka dilakukan kerjasama dengan Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Hasil Pertanian Hasil Hutan (BPMSHPHH) sebagai lembaga yang akan mengeluarkan sertifikat lulus benih. Pemasaran benih hasil penangkaran petani dilakukan melalui kios dan melalui Gapoktan dengan harga Rp 4.250/kg. Sedangkan pada penangkaran itik diterapkan sistem inseminasi buatan (IB).

Inovasi teknologi lahan sawah yang diterapkan pada kegiatan Prima Tani Jakarta Utara akan direplikasikan ke wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Pengembangan ke kedua wilayah tersebut didasarkan kesamaan agroekosistem dan adanya permintaan dari petani dan penyuluh dari suku dinas setempat. Teknologi yang akan diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan lokasi. Diusulkan untuk pengembangan inovasi teknologi yang meliputi PTT padi sawah, penangkaran benih padi, pembuatan kompos dari bahan jerami padi dan teknologi sistem integrasi tiktok dengan padi sawah.