JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Pupuk Organik Pengganti Pupuk Kimia pada Vertikultur Selada, Sawi, Bayam dan Kangkung

Kebutuhan sayuran di DKI Jakarta umumnya dipasok dari luar daerah, hanya sebagian kecil yang dihasilkan oleh petani di DKI Jakarta. Kecilnya produksi sayuran yang dihasilkan di DKI Jakarta terutama disebabkan semakin sempitnya lahan usaha.  BPTP Jakarta telah mengkaji teknologi  optimalisasi produksi sayuran di wilayah DKI Jakarta, dengan sistem budidaya vertikultur secara organik. Teknologi ini menggunakan pupuk organik sebagai satu-satunya sumber hara tanaman dalam sistem vertikultur.

Pupuk organik BPTP yang dikombinasikan dengan media tanam organik dapat memenuhi kebutuhan hara tanaman menggantikan pupuk kimia NPK dan HB-101 pada komoditas selada, bayam dan kangkung. Dengan demikian penggunaan pupuk organik 100% pengganti pupuk kimia pada budidaya secara vertikultur dapat diterapakan. Media kompos memberikan pengaruh lebih baik dibanding media pelet, tetapi pada komoditas yang memiliki umur tanam lebih panjang, media pelet akan memberi pengaruh lebih baik.

Media kompos memberikan pengaruh lebih baik dibanding media pelet, tetapi pada komoditas yang memiliki umur tanam lebih panjang, media pelet memberi pengaruh lebih baik dibandingkan media kompos. Dari aspek efektivitas, sosial dan ekonomis, teknologi budidaya sayur organik secara vertikultur memiliki peluang untuk dikembangkan terutama di lahan yang terbatas.