JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Perbenihan dan Budidaya Okra (Abelmoschus Esculentus) Skala Rumah Tangga di DKI Jakarta

Okra merupakan salah satu sayuran indigenous Indonesia yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi, akan tetapi sayuran ini masih sedikit dibudidayakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat di perkotaan. BPTP Jakarta telah melakukan penelitian komprehensif mengenai teknologi produksi benih, teknik pengemasan dan penyimpanan serta teknologi budiadaya okra di perkotaan.
    
Rekomendasi teknologi perbenihan pada tanaman okra antara lain, melakukan penjarangan buah selang satu buah, dengan melakukan penjarangan terbukti meningkatkan produksi benih okra. Teknologi penyimpanan yang direkomendasikan untuk benih okra adalah dengan plastic Polipropilen (PP) tidak perlu di-vacuum serta disimpan pada suhu ruang.  

Teknologi budidaya okra dalam pot yang direkomendasikan adalah penggunaan media tanam dengan komposisi tanah dan pupuk kandang ayam atau pupuk kandang sapi sebesar 1:1. Berdasarkan analisa teknis budidaya serta kelayakan ekonomi penggunaan ukuran polybag 40 x 45 memberikanhasil yang terbaik.

 

Sumber: Laporan Hasil Pengkajian BPTP Jakarta Tahun 2017

Penulis: Ikrarwati, Emi Sugiartini, Susi Sutardi, NofiAnisatun R, Nurmalinda, Kartika Mayasari, Ana feronika, Yosep Fadilah