JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kegiatan tanam padi bersama ini dilaksanakan di kelompok tani Jawa Indah yang berada di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Hadir pada acara tersebut peneliti dan penyuluh BPTP Jakarta dan perwakilan dari Dinas Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP Jakarta Barat, Pusat, dan Kepulauan Seribu. Hadir pula perwakilan dari Pusat Pengembangan benih dan Proteksi Tanaman, serta Kasatlak Jakarta Barat bersama Ibu Lurah Semanan dan ketua RT.01/04 selaku wakil dari pemerintahan setempat.

Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP Jakarta selaku unit pelaksana teknis dari Litbang Kementerian Pertanian bertugas untuk mendesiminasikan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Teknologi budidaya padi yang diaplikasikan di Jakarta Barat ini merupakan bagian dari kegiatan upaya khusus dalam rangka mendukung program swasembada pangan pemerintah. Aplikasi teknologi padi yang dilaksanakan menggunakan teknologi sistem jarwo super yang mempunyai komponen khusus dalam pelaksanaan yaitu antara lain, 1. Penggunaan varietas unggul berpotensi hasil tinggi, 2. Sistem tanam jarwo 2:1, 3. Penggunaan biodekomposer (M-Dec) setelah pengolahan tanah pertama, 4. Penggunaan pupuk hayati Agrimeth sebagai perlakuan benih sebelum tabur persemaian, 5. Penggunaan pupuk organik dan anorganik berimbang, dan 6. Pengendalian OPT dgn pestisida botani (bioprotektor). Penggunaan benih varietas unggul yang di aplikasikan yaitu inpari 32. Selain itu ditanam juga untuk memperkenalkan varietas unggul badan litbang lainnya berupa benih varietas inpari 20 dan 33.