JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Wereng Batang Coklat (WBC) kini mulai menyerang lagi di Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Wilayah yang diserang adalah areal persawahan yang berada di Poktan Hizbul Waton. Menindaklanjuti informasi tersebut, BPTP Jakarta bersama Sudin KPKP Jakarta Barat menelusuri informasi serangan WBC tersebut.

Berdasarkan informasi dari petani setempat, penyebab utama terjadinya ledakan WBC dikarenakan penggunaan jenis padi yang di gunakan secara terus menerus. Lengahnya pengawasan terhadap dinamika populasi WBC beberapa waktu terakhir juga menjadi pemicunya. Sementara sistem penanganan OPT yang tidak serempak juga menjadi salah satu faktor penyebarannya.

Menyikapi serangan tersebut, BPTP Jakarta bersama Sudin KPKP Jakarta Barat memberikan beberapa rekomendasi penanganan. Penanaman (untuk musim berikutnya) perlu dilakukan secara serentak dengan menggunakan varietas tahan WBC yang baru. Penanaman serempak dapat di lakukan dengan mengaktifkan kembali pertemuan rutin kelompok yang sekarang mulai berkurang. BPTP Jakarta juga akan memberikan bantuan dengan mengenalkan varietas unggul baru (VUB) tahan/toleran WBC yang berasal dari Litbang Kementerian Pertanian, seperti Inpari-31 dan Inpari-33. Semoga ke depan petani menjadi lebih waspada terhadap upaya antisipasi adanya ledakan WBC, yang tergolong endemik untuk wilayah Pegadungan.