JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, Rabu 15 Mei 2018. Tim Kegiatan Pendampingan melakukan monitoring di wilayah Marunda dan Rorotan, Jakarta Utara. Umur tanaman saat ini masuk minggu ke-9 setelah semai untuk wilayah Marunda, dan minggu ke-8 setelah semai untuk wilayah Rorotan.

Adapun varietas unggul baru (VUB) yang sedang diuji dan dikembangkan saat ini di kedua wilayah tersebut adalah Inpari-30, Inpari-31, Inpari-32, dan Inpari-35 dengan total luasan lebih dari 6,5 Ha. Bahkan sebagian besar di wilayah Rorotan sudah memilih Inpari-32 untuk dikembangkan secara intensif.

Sebagian besar petani masih membudidayakan varietas unggulan terdahulu yaitu Ciherang dan Sidenuk. Berdasar hasil monitoring di wilayah Marunda, tingkat kejadian gangguan Hama Putih dikategori sedang. Dari ke-4 VUB yang sedang di perkenalkan, nampak bahwa Inpari-30 merupakan varietas yang relatif tergolong toleran, kemudian diikuti oleh Inpari-32 dan Inpari-35. Sedangkan Inpari-31 relatif paling tinggi kejadian serangannya dibanding kan ke-3 varietas yang lain, dengan tingkat keparahan sekitar 35%.

Diharapkan VUB yang di perkenalkan ini dapat menjadi varietas baru yang diminati petani untuk pengembangan selanjutnya.