JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Pelaksanaan kegiatan KRPL yang akan dilakukan oleh BPTP Jakarta di tahun 2018 adalah mengindentifikasi kebutuhan teknologi dan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok Tani P2KP di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan selanjutnya adalah  melakukan pendampingan teknologi yang dibutuhkan oleh kelompok sehingga kegiatan KRPL dapat terus lestari. Dalam rangka identifikasi, BPTP Jakarta mengunjungi Kelompok Tani TOGA, yang beralamat di Jl. Pengairan No. 5 , RT 12/RW 06, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ketua Kelompok Tani ini adalah ibu Tati Rohaeti dengan jumlah anggota sebanyak 16 orang. Kelompok ini terbentuk tahun 2017 dan ditahun yang sama mendapatkan bantuan program P2KP dari Badan Ketahanan Pangan. Pertemuan kelompok biasanya dilakukan bersamaan dengan pertemuan rutin bulanan RW. Anggota kelompok ini cukup aktif.

Kegiatan P2KP yang telah dilakukan oleh  kelompok yaitu telah melakukan budidaya bermacam-macam jenis tanaman sayuran diantaranya, cabe rawit, cabe merah, tomat, kenikir, seledri, okra, jeruk limo, dan banyak lainnya. Beberapa sayuran sudah sering dipanen antara lain kangkung dan bayam dan seledri.  Teknik budidaya yang dilakukan yaitu menggunakan pot, rak vertikultur dan sebagian di tanam dilahan. Tanaman cabe rawit dan cabe merah dapat tumbuh dengan baik dikelompok tani ini walaupun sempat terkendala dengan hama, tetapi menurut ibu Tati masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan air rendaman kulit bawang merah. Kelompok ini bersama RW 06 juga sudah buat membuat  kompos di Rumah Kompos yang menggunakan mesin pencacah.  

Berdasarkan hasil identifikasi kelompok  TOGA masih membutuhkan pendampingan teknologi budidaya diantaranya teknologi untuk komposisi media tanam yang baik, teknologi Tabulapot. Selain budidaya juga membutuhkan teknologi pascapanen antara lain pembuatan beberapa produk olahan seperti pembuatan ROSEJA dan es krim Kelor.