JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor- BPTP Jakarta menyelenggarakan Temu Teknis Inovasi Pertanian dan Bimbingan Teknis Materi Penyuluhan Pertanian di Jambu Luwuk, Ciawi pada hari Selasa dan Rabu tanggal 8 – 9 Mei 2018. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan para penyuluh pertanian terhadap inovasi pertanian. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan identifikasi teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menjaring umpan balik pengguna teknologi yang telah dihasilkan BPTP Jakarta guna perbaikan dan pengembangan teknologi di masa yang akan datang.

Dalam pelaksanaan kegiatan litkajibangrap, BPTP jakarta selalu mengevaluasi kelayakan teknologi yang dikaji melalui analisis kelayakan sosial ekonomi sehingga output dari teknologi yang dihasilkan BPTP Jakarta tidak hanya mampu meningkatkan produksi namun juga meningkatkan daya saing, nilai tambah, pendapatan dan kesejahteraan petani. Pada kegiatan temu teknis ini disampaikan persepsi petani kooperator terhadap beberapa teknologi pertanian inovatif BPTP Jakarta diantaranya persepsi kooperator terhadap teknologi vermikompos, teknologi pengolahan es krim kelor, teknologi pengolahan kerupuk kulit kelinci dan teknologi pengolahan nugget kelinci, juga disampaikan  beberapa analisis usahatani pertanian perkotaan meliputi analisis usahatani vertikultur, vertiminaponik kangkung-lele, vertiminaponik slada-lele, vertiminaponik caisim-lele, hidroponik, budidaya cabai di polybag, budidaya okra di polybag, budidaya okra dengan pupuk kandangsapi, budidaya kelinci, pembuatan nuget kelinci, kerupuk kulit kelinci dan analisis usahatani olahan es krim kelor.

Hasil analisis sosial ekonomi menunjukkan bahwa teknologi yang dihasilkan BPTP Jakarta secara ekonomi layak untuk dikembangkan dan dapat diterima secara sosial. Namun demikian, kenyataan di lapang menunjukkan bahwa masih sedikit hasil rekayasa teknologi yang diadopsi petani dibanding yang telah dihasilkan BPTP. Untuk itu, BPTP terus berupaya meningkatkan kinerjanya sebagai UPT terdepan Badan Litbang Pertanian untuk menghasilkan teknologi baru. Pelaksanaan Kegiatan temu teknis ini juga merupakan sarana diseminasi hasil penelitian dan pengkajian untuk mempercepat proses adopsi dan difusi inovasi teknologi yang dihasilkan BPTP Jakarta.