JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение


Jakarta – Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik, wajib menyediakan dan memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat, serta menjamin kelancaran dalam pelayanan informasi publik. Kewajiban Badan Publik tersebut telah diatur dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, secara tidak langsung menuntut Kementan untuk dapat meningkatkan pelayanan informasi publiknya. Pelayanan informasi publik yang dimaksud harus dapat diakses dengan mudah, murah, cermat, cepat, dan akurat.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretariat Jenderal Kementan menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Kementan. Tahun ini, tema yang diusung dalam rakor, “Peran PPID dalam Penderasan Informasi, Menyongsong Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045”.

Dalam sambutannya, Sektetaris Jenderal Kementan,  Syukur Iwantoro, menyampaikan seluruh Badan Publik, termasuk Kementan, harus berubah ke arah good governance untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah. Salah satu caranya melalui keterbukaan informasi publik.

Perkembangan TIK membuka kesempatan kepada Kementan untuk dapat lebih cepat, dialogis, dan proaktif dalam melakukan layanan informasi publik.

Lebih lanjut Syukur Iwantoro menyampaikan, “Kementan harus melakukan penderasan informasi kepada masyarakat melalui media yang tersedia demi tercapainya Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045”. Untuk mewujudkan hal tersebut, badan publik yang telah berhasil melakukan ekspor beberapa komoditas pangan dan hortikultura ini, telah menetapkan strategi serta road map sebagai panduannya.

Diakhir sambutannya, Sekjend Kementan mengajak para peserta Rakor untuk melakukan komitmen bersama dalam konsistensi mewujudkan good governance yang transparan.

Rakor PPID yang dilaksanakan pada 8-9 Mei 2018, diselenggarakan di Auditorium Kementerian Pertanian. Dalam rakor sekaligus dilakukan launching website Kementan. Website yang beralamat www.pertanian.go.id tersebut hadir dalam tampilan baru, yang user friendly, multi bahasa, dan berintegrasi dengan website di bawahnya.