JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – (27/04/18) Tim kegiatan IP BPTP Jakarta melakukan kunjungan ke kelompok tani Jawa Indah di wilayah Jakarta Barat. Kelompok tani tersebut terdiri dari 12 orang petani dengan luas sawah sekitar 17 ha. Sawah yang digunakan oleh kelompok Jawa Indah merupakan sawah tanah hujan dengan waktu tanam 5 kali selama 2 tahun. Tujuan dari kunjungan kami adalah untuk memberi bantuan benih sebanyak 65 kg untuk 17 ha dan benih yang dberikan varietas (Inpari = 20, 32, 33), memberi bantuan pupuk hayati (Agrimeth)  sebanyak 1 box (40 sachet), memberi bantuan  decomposer (M-Dec) sebanyak 4 kg.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pertemuan dengan anggota kelompok tani yang dihadiri sekitar 7 orang petani dan  dilakukan uji kualitas tanah atau Perangkat uji tanah sawah (PUTS). Tanah sawah yang digunakan oleh kelompok tersebut diuji angsung untuk diketahui kualitas haranya, sehingga dapat direkomendasikan pupuk apa yang sesuai petani gunakan dan berapa kadar yang dapat mereka gunakan.

Dari uji tersebut diperoleh hasil sebagai berikut : Tampak dari hasil uji diperoleh unsur hara N  (nitrogen) rendah, N yang diperlukan sekitar 250 kg/ha, untuk unsur hara                      P (phospor)  juga rendah,  disarankan menggunakan pupuk SP3 yang diperlukan 100 kg/ha, untuk kalium (K) tinggi,  K yang diperluka 50 kg/ha dan pengukuran  pH  tanah  yang hasilnya tanah tersebut dikategorikan memiliki pH rendah bersifat asam.

Direkomendasikan agar petani melakukan pemupukan dengan pemberian N dalam bentuk urea.