JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Sebutan “The miracle tree” untuk pohon kelor (Moringa oleifera) bukan tanpa alasan. Hampir semua bagian dari pohon kelor bermanfaat terutama untuk kesehatan. Kandungan nutrisi daun kelor yang sangat baik bahkan mengalahkan bahan makanan yang diklaim sebagai sumber vitamin atau mineral tertentu, misalnya wortel yang selama ini diketahui sebagai sumber vitamin A, ternyata kandungan vitamin A daun kelor 4 kali lebih besar daripada wortel, demikian halnya dengan susu yang diketahui sebagai sumber kalsium ternyata kandungan kalsium daun kelor 4 kali lebih besar dari susu. Bahkan kandungan tepung kelor lebih tinggi daripada daun kelor, kandungan vitamin A tepung kelor 10 kali lebih besar daripada wortel, dan kandungan tepung kelor 17 kali lebih besar dari susu. Berbagai penelitian mengenai manfaat dan khasiat daun kelor sudah banyak dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan daun kelor juga sudah terbukti dapat memerangi gizi buruk di Afrika dan negara-negara berkembang lainnya.

Kandungan nutrisi daun kelor yang sangat baik menjadikan daun kelor dapat dimanfatkan sebagai fortifikan pada berbagai produk olahan. Pada acara Bimtek Penyuluh yang diselenggarakan oleh BPTP Jakarta, dikenalkan beberapa produk olahan yang difortifikasi dengan daun kelor baik berupa serbuk maupun daun segar. Salah satunya adalah minuman “Cendol Mojang”. Sekilas tidak ada yang istimewa dengan minuman cendol, tetapi menjadi istimewa karena cendol mojang yang terbuat dari campuran tepung hung kwe dan Tepung maizena ini ditambahkan dengan tepung daun kelor. Nama mojang adalah singkatan dari Moringa dan Jagung. "Mojang" asli Jakarta.

Antusias dari para peserta penyuluh dapat terlihat tidak saja saat materi teori tetapi juga materi yang praktek yang diberikan para narasumber. Semoga dengan semakin beragamnya olahan dari daun kelor, akan membuat masyarakat lebih tertarik untuk mengonsumsi daun kelor sebagai penambah gizi keluarga.