JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta (29/03/2018) Julukan The Miracle Tree atau pohon ajaib untuk tanaman kelor (moringa oliefera) bukanlah tanpa sebab. Karena dalam berbagai penelitian telah disebutkan bahwa daun kelor merupakan tanaman yang kaya nutrisi, meliputi : protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitaman B, vitamin E, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Dan menariknya adalah kandungan nutrisi serbuk kelor lebih tinggi dibandingkan dengan daun kelor segar. Diketahui bahwa vitamin C pada serbuk kelor ½ kali lebih tinggi dibandingkan jeruk, kandungan pottasiumnya 15 kali lebih banyak dibandingkan pisang. Sedangkan vitamin A serbuk kelor 10 kali lebih tinggi dibandingkan wortel, dan kalsiumnya 17 kali lebih banyak dibandingkan susu dan proteinnya 9 kali lebih tinggi dibandingkan yogurt.
 
Mengembangkan tanaman kelor di Jakarta bukanlah hal yang mustahil lagi. Karena ternyata tanaman kelor dapat berkembang dengan baik apabila ditanam di polybag atau pot. Dalam rangka diseminasi inovasi teknologi yang telah dikaji oleh BPTP Jakarta, maka diselenggarakan Bimbingan Teknis Budidaya, Pasca Panen dan Olahan Kelor. Selain penyampaian materi dalam kelas, kegiatan bimtek ini pun dilengkapi dengan praktek olahan kelor yaitu, nugget kelor, smoothie kelor dan dawet Mojang (Moringa Jagung).

Bimtek tentang budidaya, pasca panen dan olahan kelor ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Pemprov DKI Jakarta yang dalam hal ini sedang menaruh perhatian pada permasalahan sunting. Menurunnya angka stunting dan kerawanan pangan menjadi target yang harus dicapai oleh Pemprov DKI. Mengingat kandungan nutrisinya yang sangat beragam, kelor dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai bahan baku olahan pangan yang bergizi untuk mengatasi masalah kerawanan pangan dan stunting. Ingin tahu resep nugget, smoothi kelor, dan dawet mojang ? Akan kami sampaiakan pada kesempatan berikutnya ....