JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Berdasarkan Permentan No. 4 Tahun 2016, Tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian, bahwa Programa Penyuluhan merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian, maka pada hari Selasa (06/03/208), Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP Jakarta Selatan dan BPTP Jakarta kerja bersama untuk menyusun Programa Penyuluhan Tk Kota Jakarta Selatan. Adapun programa penyuluhan pertanian nantinya menjadi acuan untuk Penyuluh Pertanian dalam menyusun Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP).

Bertempat di BPTP Jakarta, pertemuan ini  dibuka oleh Kepala BPTP Jakarta (Ir. Etty Herawati, M.Si), dan dihadiri oleh Kepala Seksi Bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Seksi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Kepala Seksi Perikanan, Koordinator Penyuluh Se DKI Jakarta, Penyuluh Se- Jakarta Selatan, Kepala Satuan Pelaksana Se Jakarta Selatan, Petugas OPT, Penyuluh Perikanan, THL BP- PP, Pengurus KTNA, Ketua Gapoktan Mawar, Gapoktan Jati Mandiri, Gapoktan Sansevera.

Dalam menjalin sinergitas pelaksanaan program pertanian di Kota Administrasi Jakarta Selatan, maka pada pertemuan kali ini setiap bidang di Sudin KPKP Jakarta Selatan menyampaikan program yang akan dilakukan pada tahun 2018. Kegiatan di bidang Peternakan meliputi : Pengendalian penyakit hewan menular strategis zoonosis tingkat kota, pengendalian penyakit rabies tingkat kota, pelatihan diversifikasi olehan pangan ternak tingkat kota , pelayanan kesehatan masyarakat veteriner dan hari besar keagamaan tingkat kota. Disampaikan pula oleh Kasie Bidang peternakan Sudin KPKP Jakarta Selatan, bahwa sampai saat ini capaian vaksin rabies di Jakarta Selatan sudah mencapai 130%, hal ini berarti sudah melebihi target yang telah ditetapkan. Sedangkan program di bidang perikanan meliputi : pelatihan olahan pangan ikan, pelatihan sertifikat produk perikanan, pembinaan di unit pengolahan ikan (UPI), saari kampanye gerakan memasyarkatan makan ikan (GEMARIKAN), penyediaan sarana perikanan lintas sektoral, pengadaan sarana kolam dan aquarium display, restocking / penebaran benih ikan nila di perairan umum. Selanjutnya program di bidang ketahanan pangan dan pertanian meliputi: pengembangan pertanian perkotaan / urban farming tingkat kota Jakarta Selatan , agro edukasi , wisata tingkat kota di BPP Ragunan, pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian pembuatan instan jahe merah di Jakarta Selatan dan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman).

Berbagai program dan kegiatan yang telah disusun diatas merupakan wujud nyata dari pemerintah untuk terus berupaya dalam mengembangkan pertanian. Dan, outputnya akan lebih dirasakan oleh sasaran, dalam hal ini adalah kelompok tani dan stakeholder lainnya apabila dari setiap instansi baik pusat maupun daerah saling bersinergi dalam pelaksanaan program-programnya. Salam.