JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kepulauan Seribu – Kursus tani merupakan salah satu rangkaian awal dari Kegiatan Adaptasi Teknologi Spesifik Lokalita di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dimotori oleh Sudin Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepulauan Seribu dan dilaksanakan di RPTRA Tanjong Timor, Pulau Pramuka. Sebanyak 25 orang petani kooperator hadir dalam kegiatan yang dilaksakan pada Senin (26/02/2018). Para petani kooperator yang hadir ini, nantinya akan mengikuti Sekolah Lapang (SL) Budidaya Cabai.

Dalam kursus tani, disampaikan materi mengenai tehnik budidaya cabai di Kepulauan Seribu dan olahan pascapanen cabai. Kedua materi ini disampaikan oleh para peneliti BPTP Jakarta.

Materi teknis budidaya cabai meliputi penyiapan media tanam, pembibitan, pindah tanam, pemeliharan termasuk pemupukan, pengendalian hama penyakit, hingga panen. Disampaikan oleh narasumber (Ikrarwati, SP., M.Si.), kunci utama dalam budidaya cabai di Kepulauan Seribu adalah ketersediaan media tanam dan air untuk menyiram.

Kepulauan Seribu memiliki jenis tanah yang berpasir dan sangat sedikit mengandung bahan organik. Untuk itu, penyediaan media tanam yang kaya hara menjadi sangat penting. Untuk mengatasinya, pemanfaatan limbah bahan organik dari rumah tangga ataupun daun-daun di pekarangan perlu dilakukan secara optimal. Sedangkan, untuk mengatasi kebutuhan air terutama di musim kemarau, warga telah membuat penampungan air hujan. Namun demikian, masih diperlukan teknis budidaya yang hemat air sesuai dengan kondisi Kepulauan Seribu.

Sementara, materi olahan pascapanen cabai disampaikan Muflihani Hanis, S.Pt., M.Si. Materi ini ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah dan memperpanjang masa simpan cabai. Teknologi perpanjangan masa simpan cabai sangat diperlukan saat panen berlimpah, sementara hasil panen belum terserap oleh pasar.

Materi olahan pascapanen cabai terdiri dari 2 bagian, bahan sediaan cabai/intermediate product dan olahan cabai. Sediaan cabai merupakan produk antara yang memerlukan pengolahan sebelum dikonsumsi. Produk sediaan cabai meliputi cabai kering, cabai bubuk, dan cabai block. Sementara itu, olahan cabai merupakan produk yang dapat dikonsumsi secara langsung. Olahan cabai yang mungkin diolah di Kepulauan Seribu yaitu abon cabai, aneka sambal, dan manisan cabai.